Hidup Sebatang Kara, 5 Tahun Idap Kanker Kulit

KREJENGAN-PANTURA7.com, Bertahun-tahun menderita kanker kulit, Sumo (60) warga Desa Kedungcalok, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, akhirnya bisa berbahagia. Betapa tidak, bantuan yang begitu ia harapkan akhirnya tiba.

Kepada PANTURA7.com, Misni (55), tetangga yang merawat Sumo menjelaskan, sudah 5 tahun ini Sumo mengidap kanker kulit. Penyakit itu, kata dia, membuat nenek sebatang kara itu kesulitan bicara karena bagian bibir atas hingga hidung terserang kanker.

“Sehari-hari dia hanya tidur di kamar, tetapi setiap bulan dia saya bawa periksa ke Puskesmas Krejengan. Karena memang hidup sendiri, jadi tidak ada anak ataupun keluarga yang merawatnya,” cerita Misni.

Keterbatasaan ekonomi, membuat Misni terpaksa membawa Nenek Sumo ke Puskesmas Krejengan dengan menumpang ojek. “Jaraknya sebenarnya lumayan jauh, tapi dia (Sumo, red) kan harus selalu kontrol kesehatan,” paparnya.

Ditengah rasa sakit yang menggerogoti, Sumo terlihat sumringah ketika sejumlah relawan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat ( LIRA) Kabupaten Probolinggo datang dan memberikan tali asih, Selasa (28/1/2020).

Bantuan yang diberikan berupa sembako dan sejumlah uang tunai, yang diberikan langsung kepada Sumo oleh Bupati LIRA Probolinggo, Samsudin. Menurut Samsudin, bantuan itu wujud kepedulian terhadap sesama, mengingat Sumo hidup seorang diri dengan kondisi sakit.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kami juga peduli kepada masyarakat. Fungsi kami juga sebagai penyambung lidah masyarakat dengan pemerintah,” jelas Samsudin.

Bupati LSM LIRA, Samsudin beserta anggotanya saat memberikan sembako kepada nenek Sumo yang menderita kanker kulit sejak 5 tahun terakhir. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Dengan bantuan kemanusiaan hasil dari gotong royong anggota LIRA itu, sambung Samsudin, ia berharap pemerintah daerah juga turun tangan. Sebab, menurutnya, kondisi Sumo memang sangat memprihatinkan.

“Pada tahun 2018 lalu, menurut tetangga Nenek Sumo, Bupati Tantri sempat kesini untuk membantu pengobatan. Tetapi bantuan hanya berlaku satu tahun, dan saat ini Nenek Sumo sudah tidak mendapatkan bantuan perawatan apapun,” tuturnya. (*)

Baca Juga  Sapi Curian Ditemukan, Pelaku Kabur


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …