Lawan Virus Corona, Ini Cara Warga Gending

GENDING-PANTURA7.com, Pandemik Virus Corona yang meluas membuat masyarakat di Kabupaten Probolinggo, kian waspada. Sebagai langkah antisipasi, berbagai cara dilakukan masyarakat. Salah satu contohnya, seperti yang dilakukan Karang Taruna (Karta) Patriot, Desa Brumbungan Lor, Kecamatan Gending.

Faqih Rizky Muhammad, Ketua Karta Patriot menjelaskan, sejak wabah corona menjadi perbincangan masyarakat, bersama anggotanya, ia mulai melakukan berbagai aktivitas pencegahan. Sebelum itu dilakukan, para anggota Karta Patriot juga mempelajari berbagai informasi terkait Virus Corona dan penyebarannya.

“Setelah mendapat informasi terkait protokol pencegahan Virus Corona, kami kemudian mendiskusikan untuk membuat tempat pemeriksaan atau check point bagi orang yang masuk ke desa. Ini adalah cara sederhana kami mengantisipasi Corona,” ujar Faqih kepada wartawan, Sabtu (11/4/2020).

Anggota Karta Brumbungan Lor saat melayani warga yang sedang mencuci tangan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona. (Foto : Karta for P7.com)

Menurutnya, ada dua cek point yang dibangun Karta Patriot di desa berpenduduk 2.600-an warga ini. Sesuai aturan, semua warga yang masuk ke desa ini harus diperiksa kesehatannya di dua cek point tersebut.

“Begitu ada warga yang masuk desa, kami cek kesehatannya. Kami juga minta membersihkan diri, terutama cuci tangan,” imbuh dia.

Karta Patriot yang tergabung dalam Komunitas Heppiii Community, imbuh Faqih, berusaha menjadikan check point sebagai sarana penting untuk mencegah masuknya Corona ke desa. Apalagi banyak warga Desa Brumbungan Lor bekerja di perantauan seperti Bali, Malang, dan Surabaya.

Dikatakannya, bagi para perantau, ketika mereka pulang kampung atau mudik, maka wajib hukumnya untuk melakukan karantina. Untuk ini, Faqih melanjutkan, tim Karta Patriot berkoordinasi dengan petugas kesehatan menyiapkan salah satu penginapan sebagai tempat Karantina.

“Bagi pemudik yang datang ke desa harus masuk Karantina dulu. Lokasi penginapannya sekitar delapan kilometer dari desa kami,” lanjut Faqih.

Baca Juga  Diseruduk Avanza, 2 Pemotor Meninggal

Ia menambahkan, ada 10 anggota Karta Patriot Brumbungan Lor yang menjadi anggota penanggulangan Corona. Sejak dibangun pada Sabtu pekan lalu hingga saat ini ada 6 warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) harus menjalani karantina selama 14 hari.

“Saat ini Desa Brumbungan Lor masih bersih dari Virus Corona. Anggota Karta Patriot terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat. Kampanye hidup bersih dan penggunaan masker ketika keluar rumah juga terus digalakkan,” tandas Faqih.

Koordinator Heppiii Community Probolinggo Febri Suryanto menyampaikan apresiasinya terhadap kreatifitas dan inisiatif sejumlah Karta di Probolinggo untuk membantu pemerintah dan petugas medis mencegah wabah Corona.

“Peran Karta dalam menanggulangi wabah Corona ini sangat positif dan luar biasa. Desa adalah salah satu kunci untuk mencegah sebaran virus ini. Dengan gotong royong warga bersama Karta, semoga wabah ini segera berlalu,” bangga Febri. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …