Sejumlah Sungai di Probolinggo Alami Pendangkalan

GENDING-PANTURA7.com, Wilayah Kabupaten Probolinggo beberapa hari terakhir kerap dilanda hujan dan angin kencang. Sejumlah sungai juga terlihat mengalami peningkatan debit air karena kiriman dari hulu.

Antisipasi bencana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo pun melakukan Patroli Laut Susur Pantai, Rabu (08/01/2020) pagi. Patroli ini terutama untuk mengantisipasi bencana banjir bah dan rob.

Dua armada kapal laut berisi petugas gabungan diterjunkan untuk melakukan penyisiran laut. Kapal tersebut milik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur serta Kapal Negara Patroli (KNP) Kesatuan Penjagaan laut dan pantai KSOP Probolinggo.

Dalam patroli itu, ditemukan beberapa titik muara sungai yang mengalami pendangkalan akibat sedimen dan harus segera dilakukan pengerukan. Sungai yang dangkal diantaranya muara sungai sungai Taman Sari Dringu, Sungai Gending dan Kalibuntu Kraksaan.

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihandjoko menuturkan, tujuan patroli untuk memantau langsung situasi terkini pada perairan pesisir serta menginventarisir salah satu penyebab terjadinya bencana banjir. Selama ini, masyarakat pesisir di wilayah Kabupaten Probolinggo memang kerap dilanda banjir.

“Kami sudah menginventarisir titik mana saja yang harus segera ditindaklanjuti, oleh karenanya kami akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait khususnya Pemprov untuk mencari solusi terbaik, sehingga air kiriman dari selatan ini bisa mengalir lancar ke laut dan tidak sampai meluap ke pemukiman,” kata Timbul.

Sementara Kepala kantor KSOP Probolinggo, Capt. Subuh Fakkurochman menyebut, saat ini perairan laut Probolinggo juga sudah mulai memasuki musim angin Baratan. Akibatnya air pasang cenderung naik, angin kencang dengan disertai ombak besar.

“Masyarakat nelayan dan warga pesisir kami himbau untuk mewaspadai air rob yang bisa kapan saja masuk ke permukiman, perhatikan perubahan cuaca yang mendadak dan berubah-ubah serta pantau informasi dari BMKG sebelum pergi melaut,” pintanya. (*)

Baca Juga  Balita 2,5 Tahun Tersiram Air Panas, Tak Mampu Berobat ke RS


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …