Akibat Puting Beliung, 1200 Rumah Gelap Gulita

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pasca puting beliung yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo, tak hanya merusak rumah dan menumbangkan pohon, pasokan aliran listrik di kawasan terdampak juga putus.

Aliran energi listrik putus dan mengelapkan pemukiman warga karena 3 titik penyaluran atau penyulang listrik terganggu pasca dihantam puting beliung.

Data yang diperoleh PANTURA7.com, sedikitnya sekitar 1200 pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang tidak bisa menikmati listrik. Rumah ribuan pelanggan ini gelap gulita karena memang hanya energi listrik PLN sumber penerangan satu-satunya.

Manajer ULT PLN Kraksaan Muhammad Syafi’i mengatakan, 3 titik penyulangan yang terganggu itu meliputi pnyulangan di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaam; Desa Klaseman, Kecamatan Gending; dan Desa Binor, Kecamatan Paiton.

“Dampak puting beliung menyebabkan pohon tumbang yang mengenai penyulangan. Dari 11 penyulangan, ada tiga titik yang terdampak sehingga 1200 pelanggan mengalami pemadaman listrik,” kata Syafi’i, Minggu (5/1/2020).

Dikatakan Syafi’i, satu penyulangan dapat mengalirkan energi listrik ke beberapa kecamatan. Apabila penyulangan terganggu, maka secara otomatia pasokan energi listrik di kecamatan tersebut juga tersendat.

“Seperti yang terjadi di Kecamatan Krejengan dan Kraksaan,” ujar Syafi’i.

Mulai Jum’at malam, sambungnya, perbaikan di 3 penyulangan sudah dilakukan. Saat ini, klaimnya, tinggal 2 trafo listrik yang belum selesai di perbaiki. Namun demikian, ia optimis pasokan listrik akan secepatnya stabil.

“Perbaikan hanya tinggal aliran listrik bertegangan rendah di beberapa desa. Seperti di Desa Binor, dan Sentong. Sebab, medan yang sulit, ditambah masih ada kayu roboh yang menempel ke kabel listrik,” terang Syafi’i.

Diketahui, puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Probolinggo, pada Jum’at (3/1/2020) malam. Akibatnya, 206 rumah warga rusak dengan 203 rumah rusak ringan dan 3 rumah rusak berat hingga roboh di 5 Kecamatan. Selain itu, banyak pohon tumbang yang menimpa rumah dan kabel listrik. (*)

Baca Juga  Antisipasi Puting Beliung Susulan, Pohon Ditebang


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …