Sejumlah Jeep wisata melintas di lautan pasir Gunung Bromo. (Foto : Dok P7.com)

Akhir Januari, Kendaraan Bermotor Akan Dilarang Masuk Bromo

SUKAPURA-PANTURA7.com, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menerapkan bulan bebas kendaraan atau car free month di kawasan wisata Gunung Bromo. Aturan ini berlaku mulai tanggal 23 Januari hingga 25 Februari 2020.

Dalam rilis yang disebar BB TNBTS, aturan ini diberlakukan dengan tujuan untuk menghormati perayaan Wulan Kepitu (bulan ketujuh) yang merupakan bulan suci bagi Suku Tengger di kawasan Bromo.

“Untuk menghormati perayaan wulan kepitu sehingga terjadi keselarasan alami yang jauh dari hiruk pikuk asap kendaraan bermotor,” terang Kepala BB TNBTS, John Kennedie, Minggu (5/1/2020).

Saat car free month diberlakukan, jelas John, semua jenis kendaraan tidak boleh melintas di Lautan Pasir Tengger dan bukit Teletubbies. Aktifitas di kawasan tersebut hanya boleh dilakukan menggunakan kuda, berjalan kaki dan sepeda angin.

“Aturan itu berlaku di seluruh pintu masuk mulai dari Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo; pintu masuk di Coban Trisula Jemplang, Kabupaten Malang; dan pintu masuk Dingklik Penanjakan, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan,” ungkapnya.

John mengklaim, kebijakan car free month diambil bersama dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan pada 4 Mei 2019 lalu di Probolinggo. Rapat itu dihadiri semua unsur terkait, seperti paguyuban jeep, tokoh pandita dan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

“Hasilnya, semua sepakat (dengan car free month) dalam rangka menghormati Wulan Kepitu bagi Suku Tengger,” John menegaskan.

Namun demikian, menurut John, kendaraan bermotor masih bisa masuk ke kawasan konservasi itu apabila sifatnya darurat. “Namun berbeda apabila ada kegiatan pemerintah atau emergency,” tandasnya. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Wisata Bromo Dibuka Terbatas, Berikut Spot yang Boleh Dinikmati Pengunjung

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …