Setahun, 116 Orang Tewas Akibat Kecelakaan

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) mulai Januari hingga Desember 2019 cukup tinggi, yakni mencapai sekitar 648 kejadian. Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya kisaran 554 kejadian.

Data yang diperoleh PANTURA7.com, jumlah lakalantas pada tahun 2018 sebanyak 554 kejadian dengan korban tewas ditempat sebanyak 55 orang. Sementara 13 orang alami luka berat dan 742 menderita luka ringan.

Sedangkan pada tahun 2019, angka kecelakaan mencapai 648 kejadian dengan korban tewas mencapai 116 jiwa. Adapun korban luka ringan mencapai 750 orang dan korban luka berat nihil.

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Purwanto Sigit Raharjo mengatakan, ada 4 faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Faktor pertama karena ulah manusianya sendiri, kemudian ada faktor kendaraan, jalan, serta alam.

“Untuk tahun 2019, faktor paling banyak penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Probolinggo yaitu karena faktor manusianya sendiri,” kata Sigit, Jum’at (3/1).

Jika dikategorikan pada profesi korban laka, lanjut Sigit, mayoritas korban adalah pekerja swasta yang berjumlah 486 orang, lalu pelajar sebanyak 108 orang, serta mahasiswa dengan jumlah 48 orang.

“Untuk pelaku, paling banyak yaitu pekerja swasta jumlahnya 372, yang kedua pelajar dengan jumlah 63 orang dan posisi ketiga sama yaitu mahasiswa dengan jumlah 34,” ujar mantan Kapolsek Dringu ini.

Pihaknya, klaim Sigit, tidak henti-hentinya menghimbau para pengendara, baik roda dua maupun roda empat, agar senantiasa mengecek kondisi kendaraan. Pengemudi, imbuhnya, juga harus dalam kondisi fisik prima saat berkendara.

“Kami imbau pengemudi dan kendaraan dalam kondisi siap sebelum menempuh perjalanan. Kalau merasa capek, menepi sejenak dan jangan berkendara jika kondisi mabuk. Jika ini dilanggar, maka pontensi kecelakaan makin besar,” tuturnya. (*)

Baca Juga  Setir Tersenggol Tangga, Pengendara Motor Tewas


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Gunung Semeru Kian Rutin Erupsi, Warga Diminta Selalu Waspada

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi …