24 Duta Seni Berebut jadi yang Terbaik di KMB 2019

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sedikitnya 24 grandfinalis duta seni (grup/solo) dari berbagai genre, malam ini, Minggu (29/12) bakal unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik pada even Grand Final see Kraksaan Mencari Bakat (KMB) 2019 di Gedung Islamic Centre Kota Kraksaan.

Untuk menuju grand final KMB 2019, talenta seni terbaik ini harus melalui tahap seleksu yang sebelumnya dilakukan oleh juri Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo (Dekapro). Delegasi yang lolos seleksi, berhak mewakili masing-masing wilayah kecamatannya.

Melalui proses seleksi yang dilakukan di 3 titik, akhirnya didapatkan bibit-bibit seniman berkualitas dari berbagai penjuru di Kabupaten Probolinggo dengan beragam genre seni. Mulai dari seni tarik suara, seni lukis, theater, sampai seni tari.

Wakil Ketua Dekapro Edy Kisworo mengemukakan KMB merupakan salah satu wadah yang di inisiasi oleh Dekapro untuk memberikan ruang ekpresi bagi para bibit-bibit seniman yang tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

“Perkembangan bidang seni budaya kita sangat maju dan produktif, oleh sebab itu kita sangat perlu untuk mengapresiasinya salah satunya melaui event KMB ini,” kata Edy.

Edi menjelaskan, dalam penjurian grand final KMB nanti tentunya akan ada performance dari berbagai genre seni, oleh karenanya dibutuhkan juri yang kompeten dan memiliki multitalenta seni. Beberapa juri yang akan menilai diantaranya dari Dewan Kesenian Jawa Timur dan dosen Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya.

“KMB bertujuan menggali potensi sekaligus mengangkat kekayaan seni di Kabupaten Probolinggo. Mereka semua adalah duta seni Kabupaten Probolinggo, dan sewaktu-waktu siap mewakili ke tingkat Provinsi, atau ditampilkan untuk acara-acara seni di tingkat lokal,” paparnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Barang Bukti Hasil Kejahatan Dimusnahkan

Baca Juga

Kafe D’Javu Kota Probolinggo, Tawarkan Kenikmatan Kopi dan Kereta Api

Probolinggo,- Ada kafe unik di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo yakni, …