Musim Hujan, Durian Lumbang Diburu Wisatawan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Memasuki musim penghujan identik dengan masa berburu buah-buahan. Buah durian pun jadi jujukan para wisatawan yang hendak ke Bromo.

Hal itu terpantau PANTURA7.com, Minggu (29/12) siang. Salah satu tempat durian di Dusun Kucur, Desa Branggah, Kecamatan Lumbang tampak padat dijejali wisatawan.

Ya, tempat berburu durian itu di rumah Ibu Suwati atau akrab dipanggil Bu Samsul. Di sini aneka durian bisa didapatkan.

Ada durian montong, lokal, kasur, mentega, bidadari hingga durian merah. Harganya pun bervariasi tergantung jenis dan beratnya.

Seperti yang disampaikan rombongan wisatawan asal Kota Probolinggo. Mereka selalu menyempatkan jika hendak ke Bromo mampir ke Lumbang untuk berburu durian.

“Ini kan mumpung musimnya, jadi bersama teman-teman mampir dulu untuk menikmati durian di Lumbang. Selain langganan, memang rasanya khas apalagi ukurannya juga besar,” jelas Mifang Prasetyaningrum, wisatan asal Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolonggo ini.

Wisatawan yang hendak ke wisata Gunung Bromo, tengah berburu Buah Durian. (Foto : Rahmad Soleh)

Bersama teman-temannya, ia tampak menikmati durian. Ia sengaja memilih durian montong yang terkenal dengan ukurannya yang besar. Bahkan ada yanh sampai bobotnya 10 kilogram.

“Ya sengaja pilih durian montong karena selain besar isinya banyak sehingga bisa dinikmati bersama teman-teman,” jelasnya. Bahkan tiap orang sampai membawa oleh-oleh durian untuk keluarga di rumah.

Sementara itu Bu Samsul menjelaskan, duriannya memang langsung dipanen dari pohonnya. Di musim durian, ia bisa mengunduh 100 buah durian montong. Sedangkan durian lokal bisa 300 sampai 500 buah.

“Alhamdulillah sedang musim, jadi memang banyak diminati para wisatawan karena memang langsung dipetik dari pohonnya,” singkatnya.

Selain itu, untuk memberikan rasa kepuasan bagi pelanggannya ia memberikan garansi. Hal itu diberikan kika durian tidak sesuai dan jika dalam keadaan rusak. (*)

Baca Juga  Berbahaya, Limbah Medis Ditemukan di Sungai Kedungrejo


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Tarik Wisatawan, Dispopar Kota Probolinggo Siapkan 37 Even Wisata

Probolinggo,- Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo menyusun 37 even yang akan dilaksanakan …