Jelang Nataru, Banyak Mamin Kedaluwarsa Ditemukan

MAYANGAN-PANTURA7.com, Mendekati natal dan tahun baru (Nataru), banyak makanan dan minuman (Mamin) di Kota Probolinggo ditemukan kedaluwarsa. Hal ini terungkap saat pemerintah kota setempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Selasa (10/12).

Dalam sidak yang dipimpin Wali Kota Hadi Zainal Abidin itu, petugas mendatangi sejumlah supermarket dan pertokoan di Kota Probolinggo. Di sebuah supermarket di Jalan dr Sutomo, Wali Kota Hadi bahkan menemukan sendiri mamin kedaluarsa tapi masih di-display untuk dijual.

Mendapati temuan itu, Wali Kota lantas meminta semua makanan berupa mustard (bumbu masakan khas Eropa) berwarna kuning untuk diambil oleh petugas. Dalam kemasan mustard, tertera sebaiknya dikonsumsi sebelum 28 November 2019.

“Ini sudah kedaluwarsa, pasti ada kelalaian dari pihak toko. Memang pengecekan ini sepele tetapi seharusnya (pengecekan) sudah menjadi tugas mereka. Jika hal ini disepelekan bisa berdampak pada reputasi toko dan kenyamanan masyarakat,” kata Wali Kota.

Masih di tempat yang sama, petugas juga menemukan merica bubuk sudah kedaluarsa pada bulan Oktober 2019. Sejumlah produk UMKM yang tidak dilengkapi tanda kedaluarsa, kemasan produk yang rusak dan kemasan penyok.

“Ambil dan catat semua barang yang telah ditemukan. Saya imbau kepada pihak toko untuk lebih jeli sebelum membeli barang. Kenyamanan dan keamanan masyarakat itu prioritas,” pintanya.

Sidak bersama tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan, DKUPP, kepolisian dan lembaga perlindungan konsumen ini lalu bergerak ke 6 lokasi sasaran. Tidak hanya makanan dan minuman, peredaran kosmetik berbahan dasar berbahaya juga jadi sorotan.

“Ada beberapa temuan seperti produk mamin kedaluarsa, kaleng penyok dan produk makanan tidak ada expired date. Masyarakat harus lebih teliti terhadap produk yang dipasarkan apalagi mendekati Natal dan Tahun Baru,” jelas Plt Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, Hery Siswanto. (*)

Baca Juga  Digitalisasi TV, Ribuan STB Dibagikan Gratis di Pasuruan


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Top! Pemkab Lumajang Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Dadan Pemeriksaan …