Sehari, Ada 45 Ton Sampah di Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Setiap hari, puluhan ton sampah dihasilkan di Kabupaten Probolinggo. Hal itu terlihat dari tumpukan sampah di Tempat Akhir Pembuangan Sampah (TPAS) yang berada di Desa Seboro, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo yang mencapai 44-45 ton per hari.

Kasi Pemrosean Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo M. Aminullah mengatakan, banyaknya sampah yang diangkut ke TPAS Seboro setiap harinya menunjukkan bahwa kebutuhan hidup warga di Kabupaten Probolinggo cukup tinggi.

“Itu sudah rata-rata hasil pembuangan sampah rumah tangga ke TPAS, setiap harinya memang di kisaran angka 44 hingga 45 ton,” kata Aminullah, Selasa (8/10).

Ketika sudah diangkut dari pemukiman ke TPAS, lanjut Amin, sapaan akrabnya, sampah-sampah tersebut dipilah menjadi dua jenis. Yakni sampah organik dan non-organik. Tujuannya, agar proses pemanfaatan lebih mudah dan cepat.

“Sampah organik kami proses menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah non-organik seperti botol plastik dan sejenisnya, itu kan bisa dijadikan bahan baku kerajinan. Makanya kami pisahkan, biar bisa diambil manfaatnya,” ujar Amin.

Dari hasil olah sampah organik menjadi pupuk, Amin melanjutkan, pupuk-pupuk tidak dikomersilkan kepada publik. Akan tetapi digunakan untuk pupuk perawatan tanaman taman-taman yang dikelola dibawah naungan DLH.

“Sampai saat ini kami belum menjual pupuk yang dihasilkan dari sampah. Kami manfaatkan untuk perawatan tanaman di taman saja. Di TPAS juga banyak pemulung, jadi mereka juga nyari sampah yang bisa dijual,” Amin menjelaskan.

Sementara menurut, Kasi Pengangkutan Sampah DLH Kabupaten Probolinggo, Riwon Supriyanto, perolehan sampah setiap harinya tidak bisa dianggap total sampah yang ada di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Karena yang kami angkut itu kalau TPS-nya sudah penuh, jadi kalau sampahnya masih belum penuh, kami diamkan dulu. Sejauh ini kami siapkan 15 armada truk untuk mengakut tumpukan sampah itu,” ucap dia. (*)

Baca Juga  Diduga Gelapkan Uang Setoran Pelanggan, 2 Karyawan Perumdam Tirta Semeru Lumajang Dipecat

Penulis : Moh Ahsan Faradies
Editor : Efendi Muhammad


Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …