PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Memuliakan anak yatim-piatu, tak hanya dengan cara memberikan santunan. Selain itu, juga bisa dengan menghibur dan mengajaknya berwisata ke alam terbuka.

Seperti yang dilakukan Jamiyah Hadroh Al Karomah Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Untuk membahagiakan yatim-piatu, yayasan sosial ini menggelar santunan sekaligus out-bound menuju destinasi wisata Gunung Bromo, Rabu (11/9).

Ketua Panitia Jam’iyah Hadroh Al Karomah Jrebeng Kulon, Suef Priyanto mengatakan, kegiatan santunan tersebut memang rutin digelar. Bahkan sudah berlangsung selama 22 tahun sejak yayasan berdiri.

“Setiap bulan Muharram, kegiatan ini rutin dilaksanakan. Tetapi tahun ini giatnya cukup berbeda dengan sebelumnya. Selain diberikan santunan, anak yatim juga diajak berwisata ke Gunung Bromo untuk membahagiakan mereka,” jelas Suef.

Suasana kecerian anak yatim piatu saat menikmati keindahan Gunung Bromo pasca diberi santunan. (Foto : Ist)

Untuk memberangkatkan anak yatim ke gunung bromo, yayasan ini menggandeng Paguyuban Jeep PATRA Sukapura. Tak sia-sia, karena biaya akomodasi seluruhnya digratiskan untuk anak yatim.

“Ada 14 armada jeep yang sukarela mengantarkan anak yatim ke gunung Bromo, karena sama-sama ingin mendapatkan barokah anak yatim,” tuturnya.

Selain untuk membahagiakan anak yatim dengan memberikan santunan, menurut Suef, kegiatan ini juga bertujuan memeriahkan tahun baru Islam 1441 Hijriyah, agar umat Islam lebih memperhatikan tahun barunya dibanding tahun baru Masehi.

“Selain itu diharapkan Jam’iyah Al Karomah bisa istiqomah menggelar kegiatan seperti ini setiap tahun, agar bisa melayani umat dan turut membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Sabtu (31/8) digelar Pawai Islami dan jalan santai bersama anak yatim. Lalu Senin (9/9) 50 Kemanten Anak yatim yang menaiki odong – odong diiringi Drumband  diarak keliling kampung dilepas dari Jl. Walikota Gatot, Kanigaran Probolinggo ke Jrebeng Kulon. (*)

 

Penulis : Moh. Rochim

Editor : Efendi Muhammad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here