Idul Adha, Harga Hewan Kurban Melejit

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, beberapa penjual hewan kurban mulai marak di beberapa tempat di Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Baik pedagang musiman atau pedagang yang biasa berjualan, terlihat menjajakan hewan kurban.

Seperti lapak milik Muadz Banawir di Jalan PB. Sudirman, Kelurahan Patokan. Kambing dan domba di lapak ini pun sudah menjadi incaran banyak orang untuk dijadikan hewan kurban sejak sepekan yang lalu.

“Alhamdulillah, berkah idul adha hewan kurban diburu warga. Setiap hari setidaknya ada empat ekor yang laku, sebelumnya laku satu ekor saja sudah untung,” terang Muadz ditemui di lapaknya, Selasa (6/8).

Udin mengatakan, Idul Adha merupakan momen dimana ia bersama pedagang lain mendapat keuntungan lebih banyak dibanding hari biasanya. Saat ini saja, harga kambing dan domba naik sedikitnya Rp. 300 ribu per ekor.

“Naik Rp 300 hingga Rp 500 ribu sekarang. Setiap hari, saya menyediakan masing-masing 20 ekor kambing dan domba,” papar Muadz.

Pada hari biasanya, lanjut Muadz, ia hanya mendapat keuntungan dari orang yang mau akikahan atau ada acara lainnya sehingga omset penjualan rendah. “Kalau sekarang omset meningkat karena momentum idul adha,” tuturnya.

Muadz meneruskan, harga kambing yang ditawarkan mulai dari Rp. 3 juta hingga Rp 4,4 juta per ekor. Sedangkan harga domba, kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor. Warga yang membeli domba, jelas Muadz, biasanya tak hanya satu ekor.

“Kambing atau domba yang sudah terbeli, kami tandai. Tergantung pembeli, apakah mau langsung diambil atau dititipkan disini. Kalau dititipkan, tentu ada tambahan biaya jasa titip,” tandasnya. (*)

 

Penulis : Moh. Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Modern! Pasar Tradisional di Lumajang Mulai Terapkan Transaksi Digital

Baca Juga

Harga Daging Ayam di Lumajang Meroket, Capai Rp40 Ribu/Kg

Lumajang,- Harga daging ayam di Kabupaten Lumajang, terpantau mengalami kenaikan signifikan. Bahkan harganya jadi yang …