60 Persen Jamaah Calon Haji Beresiko Tinggi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 905 orang warga di Kabupaten Probolinggo menjadi Jamaah Calon Haji (JCH), yang akan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, pada 10 Juli 2019. Dari jumlah itu, 60 persen merupakan JCH beresiko tinggi.

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo mencatat, dari 905 JCH sebanyak 540 orang atau 60 persen masuk dalam kategori resiko tinggi (Risti). Sementara 362 CJH sejauh ini dinyatakan dalam kondisi kesehatan yang prima.

“Resiko tinggi disebakan faktor usia maupun riwayat penyakit yang diderita,” kata Panitia Haji Kemenag Kabupaten Probolinggo, Abdul Nasir saat mendampingi JCH manasik haji di wisata religi Miniatur Ka’bah Gending, Senin (1/7/2019).

Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Probolinggo saat melakukan manasik di Wisata Religi Miniatur Ka’bah Gending. (Foto : Moh. Rochim).

Nasir mengingatkan, para CJH khususnya yang masuk kategori risti agar selalu menjaga stamina. Sebab kata dia, kondisi fisik yang prima akan sangat mempengaruhi pelaksanaan ibadah haji mereka saat di tanah suci Mekah.

“Di Mekah, suhu udara mencapai rata-rata 47 hingga 50 derajat selsius. Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, hanya antara 27 hingga 30 derajat selsius,” papar dia.

Sebagai bentuk antisipasi, menurut Nasir, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah tim pendamping, termasuk tim medis yang akan mendampingi para JCH selama di tanah suci.

“Termasuk kita menggelar manasik haji hari ini, untuk memudahkan jamaah beribadah di Mekah,” ujarnya.

Sekedar diketahui, JCH asal Kabupaten Probolinggo akan berangkat dari titik pemberangkatan di Wisata Religi Miniatur Ka’bah Gending, pada 10 Juni 2019 sekitar pukul 6.00 WIB. Sebelum ke Mekah, mereka transit di Embarkasi Haji Sukolilo Surabaya.

JCH dari Kabupaten Probolinggo terbagi dalam 3 kelompok terbang (Kloter). Sebanyak 445 JCH masuk dalam kloter 13, lalu 445 JCH masuk melalui kloter 14 dan 15 JCH tergabung dalam kloter 82 atau kloter terakhir. (*)

Baca Juga  Sambangi Pesantren Genggong, Kiai Ma'ruf Amin: Saya Minta Do'a Restu

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Jamaah Aboge di Probolinggo Awali Puasa Ramadhan Hari ini

Probolinggo,- Jamaah Aboge di Kabupaten Probolinggo menetapkan awal bulan Ramadhan jatuh pada Rabu (13/3/2024). Penetapan …