Sambut Ramadhan, Dipasok 5 Ton Bawang Putih Impor

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Niat Pemprov Jatim untuk menstabilkan harga bawang putih disiasati dengan menerima impor bawang putih sebanyak 15.000 ton. Rencananya Kota Probolinggo akan digerojok lagi dengan  5 ton bawang putih impor. Sebelumnya, Kota Probolinggo dipasok  7 ton bawang putih impor.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengakui, kuota 15.000 ton bawang putih impor itu merupakan jatah untuk Jawa Timur yang didapat dari pemerintah pusat yang sedang mengimpor bawang melalui Kementerian Perdagangan.

Lebih rinci hal ini dijelaskan kepada PANTURA7.com oleh Pemkot Probolinggo melalui Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo, Gatot Wahyudi, Sabtu (4/5/2019). Hal itu untuk menekan harga bawang putih yang kini mahal hampir merata di beberapa kota besar.

“Kemarin kita operasi pasar terima 4 ton bawang putih impor, ditambah 3 ton lagi. Itu subsidi yang kita peroleh dari Pemprov Jatim yang disalurkan ke beberapa kota di Jawa Timur,” kata Gatot lewat sambungan seluler.

Bawang putih impor tersebut tak gratis, sebab pemerintah membeli seharga Rp 20 ribu per kilogramnya, untuk kemudian dikulak pedagang pasar yang dijual kembali dengan harga eceran tertinggi (maksimal) Rp 30 ribu per kilogram.

“Memang sempat stabil jadi Rp 30 ribu per kilogram tapi naik lagi, karena memang stok kemarin tidak banyak jadinya fluktuatif. Sehingga pedagang kembali kulak dengan harga minimal Rp 30 ribu yang dijual antara Rp 40-50 ribu per kilogram,” ucap Gatot.

Sehingga pihaknya berencana bakal menambah lagi pasokan stok bawang putih impor dari Pemprov Jatim sebanyak 5 ton. Hal ini demi menjaga kestabilan harga bawang putih  menjelang bulan Ramadhan.

“Rencananya kita akan ambil 5 ton, paling tidak ini mencukupi selama Ramadhan. Dengan catatan semua pedagang di semua pasar yang ada kebagian baik pedagang kecil maupun besar,” tandasnya.

Baca Juga  Listrik Padam, PT Eratex Djaja Pulangkan Ribuan Pekerja

Ia berharap dengan rencana itu, harga bawang putih bisa ditekan. Pasalnya di beberapa kota lain hal ini juga terjadi. Bahkan di Pasar Pahing Kota Kediri misalnya, harga bawang putih per kilogram mencapai Rp 60 ribu, sedangkan di Kota Probolinggo di kisaran Rp 40-50 ribu per kilogram. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Tak Lagi Berjam-jam, Bayar Pajak di Samsat Bangil Kini Hanya 10 Menit

Pasuruan,- Kantor Samsat Bangil, Kabupaten Pasuruan menghadirkan inovasi baru bernama Smart Thru untuk mempermudah dan …