PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ribuan personel disiagakan guna menghadapi Pemilu 2019. Mereka yang terdiri dari TNI, Polri, dan Linmas itu harus mengamankan Pemilu di Kota Probolinggo yang masih rawan kericuhan.

Apel pagi itu diawali pembacaan Asmaul Husna oleh anggota Polres Probolinggo Kota. Dilanjutkan pengecekan personel oleh Wali Kota Hadi Zainal Abidin didampingi Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal dan Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo.

Bertindak sebagai pembina apel, Wali Kota juga mengukuhkan Sat Linmas yang akan bertugas dalam pemilu dengan masa periode kerja 2019-2024. Pengukuhan tersebut sesuai dengan SK Wali Kota Probolinggo nomor 188.45/172/425.012/2019.

Ribuan personel tersebut akan bertugas di sejumlah titik kerawanan. Seperti di wilayah Kecamatan Mayangan yang pernah terjadi kericuhan saat Pilwali silam.

Secara rinci personel tersebut sebanyak 2.524. Terdiri dari pasukan Brimob 97 personel, linmas 1.390, dan anggota TNI sebayak 3.77. Mereka akan disebar ke sejumlah TPS – TPS di Kota Probolinggo dan 3 Kecamatan di Kabupaten yang masuk wilayah hukum Polres Probolinggo Kota yakni, Kecamatan Sumberasih, Kecamatan Tongas dan Kecamatan Wonomerto.

Tak hanya pasukan Brimob, mobil Barracuda juga disiagakan untuk antisipasi kericuhan. Hal ini disampaikan Kapolres Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal.

“Nantinya pasukan akan ditempatkan  di daerah yang dianggap rawan, sesuai peta dan sejarahnya, petugas kami akan melakukan penjagaan sesuai prosedur yang berlaku. Kami berharap, jangan ada yang membuat onar saat Pemilu berlangsung. Yang berbuat onar kami tindak tegas,” ucap Alfian.

Sementara itu,Wali Kota Hadi Zainal Abidin berharap pasukan yang disiagakan benar-benar bisa menjaga pelaksanaan Pemilu di Kota Probolinggo dengan baik. Pihaknya juga mengajak Pemilu juga perlu ada peran serta masyarakat.

“Peran masyarakat juga diperlukan, sehingga mari kita sama-sama sukseskan Pemilu. Masyarakat perlu mendukung Pemilu yang aman dan damai,” kata Habib Hadi.

Diketahui pada 17 April 2019 nanti, terdapat  167.959 pemilih yang terdaftar dalam DPT di Kota Probolinggo.   Mereka  tersebar di 29 kelurahan dan lima kecamatan. Total TPS sendiri berjumlah 606 TPS dimana masing-masing TPS akan diawasi seorang Pengawas TPS dari Bawaslu. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here