PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dua hari menjelang Pemilu 17 April 2019, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Probolinggo mengeluarkan 8 imbauan pemilu damai.

Hal itu disampaikan FKUB, Senin (15/4/2019) dalam sebuah surat yang ditujukan pada organisasi agama PCNU, PD Muhammadiyah, PITI, Al Irsyad ,  TTDI dan lainnya.

Kedelapan  imbauan tersebut ialah:

Satu, menghimbau warga agar tidak terjebak dalam pertikaian yang hanya akan membawa perpecahan bangsa.

Kedua, menghimbau warga menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab demi kelangsungan hidup bangsa dan peningkatan kesejahteraan rakyat serta terwujudnya keadilan sosial.

Ketiga, mengimbau warga turut mewujudkan Pemilu Pemilu yang damai, berkualitas, beradab dan demokratis.

Keempat, mengimbau  warga walaupun berbeda pandangan politik namun tetap mengutamakan persaudaraan, kerukunan antar umat beragama, persatuan dan kesatuan bangsa.

Kelima, mengimbau kepada peserta Pemilu, Capres-Cawapres, Partai Politik, Caleg beserta tim sukses dan para pendukungnya agar bersaing secara sehat dan tidak melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keenam, engimbau kepada segenap penyelenggara, pengawas, petugas pengamanan Pemilu harus bertindak jujur, adil, tegas dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai peranannya masing-masing.

Ketujuh, mengimbau kepada semua pihak penyelenggaran peserta maupun rakyat pemilih dalam pemilu agar menghindari praktik politik uang. Karena politik uang sangat dihindari semua agama.

Kedelapan, mengimbau kepada umat beragana khususnya para pimpinan ormas keagamaan dan tokoh agama untuk ikut menciptakan suasana aman dan damai sebelum dan setelah pemilu berlangsung.

“Imbauan ini kami tujukan kepada semua masyarakat, organisasi, peserta pemilu termasuk penyelenggara dan pengawas untuk pelaksaan Pemilu damai dan sukses,” kata Ketua FKUB, Abdul Halim. (*)

 

 

Penulis:  Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here