Gambar : ilustrasi

Tiga Bulan, Ada 20 PSK Terjangkit HIV/AIDS

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sepanjang 2019, 20 Pekerja Seks Komersial (PSK) di Kabupaten Probinggo terdeteksi mengidap HIV/AIDS. Para PSK ini diketahui terjangkit penyakit tersebut, setelah menjalani pemeriksaan medis pasca terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) setempat.

Kasi Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Dewi Vironica menyebutkan, pihaknya belum bisa memastikan berapa PSK di Kabupaten Probolinggo yang positif HIV/AIDS. Hanya dari PSK yang diserahkan Satpol PP, jumlah penderita sebanyak 20 orang.

“Untuk saat ini kita belum bisa menentukan jumlah keseluruhan PSK penderita HIV/AIDS di Kabupaten Probolinggo. Tapi kalau PSK yang terjaring razia itu  yang positif sekitar 20 orang,” kata Dewi Vironica, Kamis (11/4/2019).

PSK yang terjangkit HIV/AIDS tersebut, menurut Dewi, sebagiannya merupakan pemain lama yang sudah berulang kali terjaring razia Satpol PP. Sebagiannya diketahui wajah baru, yang baru pertama kali terjaring razia namun tennyata positif menderita HIV/AIDS.

“Proses penanganan akan lebih kami khususkan kepada para PSK yang positif terjangkit HIV/AIDS, baik itu mereka yang baru terjaring razia ataupun PSK yang sudah lama,” tutur Dewi menerangkan.

Koordinator Lapangan Tim Reaksi Cepat (TRC) Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin menjelaskan, selama 3 bulan terakhir pihaknya sudah melakukan razia penyakit masyarakat (Pekat) sebanyak empat kali. Sasarannya, PSK dan mucikari penyedia tempat bisnis prostitusi.

“Razia pertama, kami dapati PSK sebanyak 10 orang, razia yang kedua kami dapati 9 orang yang ketiga 11 orang dan yang terakhir ini kami dapati 6 orang. Razia yang pertama, titiknya di Tegalsiwalan, yang kedua di Kecamatan Besuk, ketiga di Wonomerto dan razia terakhir di Paiton,” urai Nurul. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Baca Juga  Selama Agustus, Ada 333 Janda Baru di Probolinggo

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …