Bawaslu: Masih Ada TPS Rawan di Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang pemilu 2019, sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dinilai rawan menjadi perhatianBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo.

Tak hanya rawan pelanggaran pemilu, TPS yang tidak ramah bagi pemilih disabilitas juga menjadi perhatian. Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu, Azam Fikri kepada PANTURA7.com, Selasa (9/4/2019).

“Ada beberapa kriteria TPS yang masuk kategori rawan. TPS yang rawan meliputi TPS yang pernah diwarnai pelanggaran pemilu hingga TPS yang rawan politik uang,” ucap Azam.

Bawaslu melakukan pemetaan yang hasilnya ditemukan satu TPS  rawan untuk pemilih disabilitas. Soalnya, lokasi yang dijadikan tempat pencoblosan salah satu ruang sekolah yang hanya mempunyai satu pintu untuk keluar dan masuk, yakni TPS 9 di Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih.

Termasuk TPS yang dulu pernah ada pelanggaran pemilu baik secara administrasi maupun pidana.

Tak hanya itu,  Bawaslu juga mewaspadai adanya basis pendukung yang berbeda dari pemilih di wilayah TPS. Bahkan, kriteria TPS yang memiliki sejarah pernah terjadi kekerasan terkait pemilu juga menjadi kriteria TPS rawan.

“Rawan karena ada sejarah di mana pernah ada kekerasan di situ terkait penyelenggaraan pemilu. Juga kemudian yang rawan terhadap politik uang,” lanjut Azam.

Azam nenambahkan, proses pemetaan TPS rawan masih terus berlangsung. Sehingga belum dapat dipastikan TPS mana saja yang masuk kategori rawan.” Masih terus kita petakan, kemungkinan hasilnya setelah tanggal 13 nanti,” terangnya.

Terkait kedatangan Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya sekaligus Kampanye Capres Nomer Urut 01, pihaknya melakukan pengawasan maksimal. Baik sebelum kedatangan maupun pada acara pelaksaan besok.

“Kami pantau dan awasi dengan melibatkan semua unsur di Bawaslu. Baik di tingkat Panwascam, sampai PPL atau pengawas tingkat Kelurahan,” tandasnya. (*)

Baca Juga  Kembali Pimpin Probolinggo, HATI 'Mlaku Bareng' Rakyat

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Mas Dion Daftar Bacabup Pasuruan lewat PKB, Optimis Dapat Rekomendasi

Pasuruan,- Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, M Sudiono Fauzan atau Mas Dion, mendaftarkan diri sebagai Calon …