Amankan Jokowi, 2.347 Pasukan Disiagakan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kedatangan Presiden RI, Joko Widodo di wilayah Probolinggo pada Rabu (10/4’2019) pagi, membuat pengamanan diperketat. Sebanyak 2.347 personil gabungan dari TNI dan Polri, disiagakan disejumlah titik.

Berdasarkan data PANTURA7.com, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkunjung ke Probolinggo dengan 2 agenda. Pertama, kunjungan kerja dalam rangka peresmian Tol Paspro, dan kedua kampanye akbar di wilayah Kota Probolinggo

Hal ini disampaikan Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo saat menggelar apel persiapan pengamanan RI 1 itu di Stadion Bayuangga Selasa ( 9/4/2019). Pihaknya bersinergi dengan Polres Probolinggo Kota dan Polres Probolinggo serta Kodim 0820.

Menurutnya, upaya pengamanan akan diberlakukan maksimal dengan jumlah 2347 dari unsur TNI/Polri. Mereka tersebar di 52 titik baik di sepanjang rute perjalanan maupun titik-titik lokasi pelaksanaan acara.

Petugas gabungan dari TNI/Polri saat apel gabungan pengamanan kunjungam Presiden Jokowi di Probolinggo. (Foto : Rahmad Soleh).

“Jumlah pengamanan disesuaikan dengan obyek pengamanan dengan prosedur dan standar sebagaimana mestinya seperti ring satu, dua dan tiga. Nantinya dari angkatan darat, laut dan udara kami siapkan,” kata Bagus kepada wartawan.

Sementara, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal memastikan pengamanan akan diperketat. Dari unsur Polri, terdapat pengamanan dari Polres Probolinggo Kota, Polres Probolinggo, Polres Lumajang dan Polres Pasuruan Kota serta 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob.

“Tentunya dari kepolisian, secara khusus melakukan pengamanan di ring 2 dan 3 yakni sekitar rute perjalanan. Kami juga akan melakukan pengalihan arus. khususnya dariarah Lumajang ke Probolinggo,” ujar Alfian.

Oleh karena itu, lanjut Alfian, pihaknya menghimbau khususnya bagi kendaraan besar agar menghindari rute tersebut. “Sebab selain dilakukan sterilisasi, juga akan dilakukan kantong parkir .

Diketahui, Presiden Jokowi akan melakukan perjalanan darat dari Pasuran menuju Gerbang Tol Probolinggo Timur atau Leces. Dari Tol Paspro, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Gor Kedopok Jalan Mastrip Kota Probolinggo. (*)

Baca Juga  Wanti Pj. Bupati Lumajang, ASN Wajib Netral

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …