Hanya di Kota Probolinggo, Tukar Sampah Dapat Emas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com,  Melimpahnya sampah di Kota Probolinggo, membuat pemerintah kota (Pemkot) setempat melakukan terobososan berupa penukaran sampah dengan emas. Dalam program ini, pemkot menggandeng CSR PT. Pegadaian, untuk menanggulangi masalah sampah.

Program penanggulangan sampah itu, merupakan hasil kerja sama antara Pemkot Probolinggo dengan PT Pegadaian (persero) area Probolinggo, bertajuk “the Gate Clean Gold”. Mekanismenya, Pemkot Probolinggo membentuk Bank Sampah di setiap kelurahan.

Nantinya, anggota bank sampah tersebut, diharuskan memilih dan memilah sampah. Menurut kategori tertentu. Seperti logam, plastik, kertas, sampah organik dan sampah kaca atau botol.

“Masyarakat yang tergabung dalam bank sampah, bisa memilih dan memilah sampah. Sampah organik dijadikan kompos. Sampah anorganik seperti kertas, logam dan plastik bisa ditabung di bank sampah,” kata Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Senin (1/4/2019).

Sejauh ini, Pemkot Probolinggo sudah membuat satu bank sampah percontohan, yakni bank sampah Kenari Indah, di Kelurahan Jrebeng Wetan. Tabungan di bank sampah setelah dijual, kemudian diteruskan ke Pegadaian dan menjadi tabungan emas bagi anggotanya.

Deputi Bisnis PT. Pegadaian Area Probolinggo, Hari Susanto mengatakan, Coorporate Social Responsibility (CSR)PT.Pegadaian bertumpu pada 3 titik. Meliputi The Gate bersih-bersih administrasi berupa pemberian pelatihan dan pemahaman kepada masyarakat.

Kemudian ada The Gate bersih lingkungan dan The Gate bersih hati, adalah salah satu bentuk memberikan support terhadap masyarakat dalam beribadah, yakni menjaga kebersihan lingkungan.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan kinerja bank sampah. Kami berharap ini bisa menjadi contoh bagi bank sampah yang lain. Semoga program ini bisa menjadi inspirasi masyarakat di Kota Probolinggo untuk peduli sampah,” ucap Hari.

Diketahui, saat ini di Kota Probolinggo terdapat 91 bank sampah. Namun yang aktif hanya 50 bank sampah. Melalui program bersama CSR PT. Pegadaian, ditargetkan pada tahun 2025 Kota Probolinggo bebas sampah. (*)

Baca Juga  Muhammadiyah Tentukan Awal Ramadhan 1445 H, NU Tunggu Rukyah

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Angka Pengangguran di Kota Probolinggo Tahun 2024 Turun, Segini Jumlahnya

Probolinggo,- Angka pengangguran di Kota Probolinggo pada tahun 2024 turun dibandingkan dengan tahun 2023, yang …