Terjadi 28 Letusan, Bromo Hujan Abu

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Gunung Bromo belum berhenti bergejolak. Selama 24 jam terakhir, terjadi 28 letusan dengan durasi mencapai 889 detik. Sejumlah kawasan, terutama lereng bromo wilayah Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, kembali terpapar abu vulkanik.

Dilansir dari https://magma.vsi.esdm.go.id/ gunung bromo pada Selasa (19/3/2019), terlihat jelas hingga kabut. Asap kawah bertekanan lemah, sedang, hingga kuat berwarna putih, kelabu, dan hitam dengan intensitas tipis hingga tebal dengan tinggi 50-1200 meter di atas puncak kawah.

“Teramati 28 kali letusan dengan tinggi 1000-1200 meter dan warna asap putih, kelabu, dan hitam. Hujan abu di PPGA Bromo, terdengar suara gemuruh dari kawah bromo,” tulis Kepala PPGA Bromo, Wahyu Andrian Kusuma dalam laporannya.

Dengan 28  gempa letusan, kisarran amplitudo antara  25 hingga 34 milimeter dengan durasi  17 hingga 889 detik. Sedangkan tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-30 milimeter, dominan 2 milimeter.

“Tingkat aktivitas gunung bromo level II (waspada), masyarakat di sekitar gunung bromo dan wisatawan tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif,” terang Wahyu.

Bersamaan dengan gempa letusan, lereng bromo, terutama di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, diguyur hujan abu dengan intensitas ringan hingga sedang. Sejumlah wisatawan,  bahkan berdiam di hotel karena kwatir terpapar abu vulkanik.

“Abunya tebal, kayak pasir. Dari pagi, saya ingin mengunjungi empat tempat, tapi hanya dua lokasi yang sempat saya datangi. Lalu hujan dan hujan abu, lebih baik di hotel saja, daripada berbahaya,” kata wisatawan asal Jogyakarta, Iwan Sunaryo. (*)

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Apes, Motor Karyawan Minimarket Ini Digondol Maling

Baca Juga

Magma Gunung Semeru Kian Mendidih, Terjadi 10 Kali Gempa Letusan dalam 6 Jam

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, hari ini Rabu (8/5/24), mengalami empat kali erupsi dan …