Wisatawan snorkling Andriyanto saat dievakuasi dari kapal menuju rumah sakit, Minggu (20/8/2017).

Wisatawan Sidoarjo Tewas Usai Bersnorkling di Perairan Pulau Gili

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Seorang remaja bernama Andi Nanda Hidayatullah (22) tewas usai bersnorkling di perairan Pulau Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur, Minggu (20/8/2017). Selain merenggut satu korban jiwa, aktifitas wisata bawah laut ini juga membuat satu korban lain, Andriyanto (21) kritis.

Petaka bermula saat korban bersama 6 temannya berangkat dari Sidoarjo untuk menikmati wisata libur akhir pekan dengan bermain snorkling. Pasca menikmati keindahan alam bawah laut, korban berenang santai area di wisata tersebut.

Tiba-tiba, korban kesulitan saat hendak kembali ke permukaan lalu tenggelam. Andriyanto, rekan korban yang hendak menolong justru ikut tenggelam. Keduanya kemudian diangkat oleh para pemandu wisata yang berada di sekitar lokasi kejadian.

“Kalau kronologisnya saya kurang faham, yang jelas korban tenggelam usai bersnorkling. Itu juga sudah diluar pengawasan pemandu wisata, karena diluar aktfitas wisata yang dipandu teman-teman,” ujar Akbar, salah satu pemadu wisata Gili Snorkling yang ikut mengevakuasi korban.

Pasca dievakuasi, jasad remaja asal Gebang Sidoarjo tersebut dibawa ke kamar jenazah RSU. Dokter Mohamad Shaleh, sementara Andriyanto menjalani perawatan intensif di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit setempat.

Seusai kejadian, sejumlah pemandu wisata dan 5 teman korban menjalani pemeriksaan di Kantor Satuan Polisi Air PolresProbolinggo, di Kompleks Pelabuhan Tanjung Tembaga. Polisi mendalami dugaan kelalaian pengelola wisata dan faktor lain di objek wisata milik warga Pulau Gili tersebut.

“Kita dalami apakah ada unsur kelalaian atau karena faktor alam. Keterangan yang paling ditunggu ya dari korban Andriyanto ini, namun kita masih tunggu sampai kondisi korban membaik,” ujar Kapolres Probolinggo, AKBP. Arman Asmara Syarifuddin saat menemui rekan-rekan korban di Kantor Pol Air. (em/ela).

Baca Juga  Pohon Tumbang, Jalur Surabaya - Malang Lumpuh

 

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …