Rambu Peringatan dan Petunjuk Jalur Evakuasi Dipasang di Tiris

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo memasang rambu peringatan dan petunjuk jalur evakuasi di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kamis (28/2/2019).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, pemasangan rambu ini dimaksudkan sebagai langkah kesiapsiagaan bencana longsor, mengingat sebelumnya kawasan tersebut diterjang longsor dan banjir bandang.

Sebab di beberapa tempat di dusun tersebut, masih rawan longsor karena curamnya kemiringan lahan, baik di jalan antar dusun maupun jalan desa. Selain itu, masih ini curah hujan tergolong tinggi.

“Pemasangan rambu bencana di Desa Andungbiru ini merupakan upaya mitigasi struktural dalam upaya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana guna Pengurangan Resiko Bencana (PRB),” kata Anggit menjelaskan.

Menurut Anggit, di Desa Andungbiru akan dipasang 50 unit rambu bencana yang terdiri dari 4 item. Empat item itu meliputi rambu tempat pengungsian, rambu penunjuk arah tempat pengungsian, rambu jalur evakuasi dan rambu titik kumpul.

“Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Andungbiru terkait rambu yang terpasang sekaligus akan dilaksanakan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana),” papar dia. (*)

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Pasca Rapid Test, Lebih 10 Orang Pedagang Pasar Semampir Reaktif

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …