Ditemukan Perangkat UNBK Error Saat Try Out

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Pemkot Probolinggo meninjau kesiapan pelaksanaan try out. Kendati mayoritas perangkat siap, namun masih ditemukan sejumlah kendala sistem yang error.

Ada sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) negeri yang saat itu ditinjau. Di antaranya, SMPN 10, SMPN 6 dan SMPN 8. Wakil Walikota HMS Subri hadir ditemani Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Mochammad Maskur.

“Kita tinjau kesiapan sekolah termasuk perangkatnya. Pasalnya sebentar lagi akan digelar UNBK yang resmi,” ucap Subri saat meninjau di SMPN 8, Selasa (26/2/2019).

Di SMPN 6 ditemukan kendala teknis.  Sejumlah komputer yang berada di ruangan, tengah error pada jaringan sehingga file yang diunduh dari server tidak bisa. Hal ini berlangsung selama 20 menit.

“Kita lihat tadi sempat error tentunya kita minta agar segera diatasi. Hal ini karena akan segera dilaksanakan UNBK. Mumpung masih try out sesegera mungkin diperbaiki,” tandasnya.

Kepala Disdikpora Mochammad Maskur mengatakan, try out secara serentak dilaksanakan sejak Senin kemarin selama 4 hari. Dimana diikuti oleh seluruh sekolah SMP yang diadakan oleh Disdikpora.

“Ini sebagai pra UNBK sehingga sebagai uji coba sekaligus evaluasi manakala ada gangguan. Terhadap temuan tadi kami akan segera lakukan evaluasi lewat tim teknis,” kata mantan Kadinsos ini.

Tim teknis sendiri akan disiapkan untuk mengatasi errornya sistim jaringan maupun perangkat keras. Sementara itu tim proktor juga ada namun lebih pada materi.

“Oleh karena itu kita perbaiki agar pelaksanaan UNBK ysng diikuti sekitar 2.900 siswa SMP pada tanggal 22 sampai 25 april nanti bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Kota Kraksaan Raih Penghargaan Adipura ke-9

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …