Dibantu Australia, Perbaikan Akses ke Bromo Mulai Maret

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Keinginan pemerintah Australia bekerja sama dengan Pemkab Probolinggo untuk perbaikan jalan akses ke Bromo mulai ada titik terang. Jalan menuju Bromo dari Tongas-Cemorolawang (39 km) itu akan diperbaiki mulai akhir Maret mendatang.

“Proses perbaikan jalan diperkirakan memakan waktu sekitar tiga tahun secara bertahap dengan total anggaran Rp 159 miliar,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Prijono, Jumat (22/2/2019).

Dikatakan pembangunan peningkatan kualitas jalan yang ditargetkan mulai akhir Maret mendatang, akan menggunakan sistem Reimburse. Dimana pembangunan menggunakan anggaran APBD Pemkab Probolinggo lebih dulu.

“Kita bangun dulu dengan APBD kita, baru ketika selesai kita garap dana 40% yang kita keluarkan diganti pemerintah Australia,” ujar dia menegaskan.

Lanjut Prijono, saat ini masih pada proses pelelangan yang akan ditargetkan Maret. “Nantinya jalan akan berstandar nasional, dengan hotmix , lebar jalan yang berkesalamatan termasuk marka dan penerangan,” tandasnya.

Seorang wisatawan Renaldi (33),  yang tahu akan ada renovasi jalan mengaku, senang dengan kabar tersebut. Pasalnya pria asal Kediri itu selalu melewati arah Tongas, Lumbang hingga sampai ke Sukapura.

“Kalau dengar kabar itu bagus sih, sehingga kita makin dimudahkan akses menuju Bromo. Ya semoga direalisasikan,” harapnya. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Kabupaten Lumajang Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian, Kok Bisa?

Baca Juga

Tolak Revisi RUU Penyiaran, Jurnalis Pasuruan Turun Jalan

Pasuruan,- Puluhan jurnalis di Pasuruan menggelar unjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, Rabu (15/5/24). …