Jurnalis-Polisi Kompak Bersih-Bersih Pantai Duta

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, diperingati oleh komunitas Pokja Jurnalis Kraksaan untuk membersihkan sampah di kawasan Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupateb Probolinggo.

Sapu bersih sampah organik dan non organik ini juga melibatkan jajaran Polres Probolinggo dan karang taruna desa setempat. Berbekal sarung tangan, sapu serta tong sampah, sampah-sampah dipunguti selama sekitar 1 jam.

Humas Pokja Journalist Kraksaan, Sundari Adi Wardhana mengatakan, aksi bersih-bersih sampah ini bertujuan untuk mengunggah kesadaran warga, terutama para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Duta, untuk selalu menjaga kebersihan.

“Kami mengajak masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat, salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya di tempat wisata, tapi juga dirumah dan fasilitas umum,” papar Sundari, Kamis (21/2/2019).

Jurnalist-Polisi saat bersih-bersih sampah di Wisata Pantai Duta. (Foto : Moh Ahsan Faradies)

Menurut pria kelahiran Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk ini, sampah yang berserakan tak hanya menggangu keindahan pantai namun juga berpotensi merusak kesehatan. “Oleh karenanya kita bergerak, apalagi hari ini merupakan hari peduli sampah nasional,” urai dia menjelaskan.

Sementara Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurnianto menyebut ia menyertakan 250 personel ditambah anggota Bhayangkari untuk bahu membahu membersihkan sampah. Kapolres mengaku jika keberadaan sampah di Pantai Duta memang masif dan memprihatinkan.

“Baik itu sampah yang dibuang para pengunjung pantai atau sampah kiriman dari sungai yang dibawa oleh gelombang laut, harus dibersihkan. Sampah di Pantai Duta disebabkan oleh dua hal itu,” ujar Kapolres. (*)

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Balita di Kanigaran jadi Pasien PDP Covid-19 Pertama di Kota Probolinggo

Baca Juga

Rawat Kelestarian Alam, Pj Bupati Lumajang Kampanyekan Tandur Bareng

Lumajang,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hartutik, bersama Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan tandur …