Kiyai Mutawakkil Beber Trik Khusus Raih Juara Internasional

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, KH. Moh Hasan Mutawakkil Alallah menyambut baik prestasi tiga santrinya di kancah internasional. Nun Gudel, panggilan akrab KH Mutawakkil pun membeberkan rahasia sukses kali kedua di ajang bergengsi itu.

“Sebelumnya anak didik kami meraih medali emas di ajang Kuala Lumpur Engineering Science Fair (KLESF) 2018 di Malaysia. Mereka membuat teknologi terapan smart parking menggunakan android,” katanya, Senin (21/1/2019).

Disinggung trik khusus agar berjaya di gelanggang internasional, Nun Gudel mengatakan, terdapat perpaduan di Pesantren Zainul Hasan Genggong. “Yakni pendalaman ubudiyah yang merupakan bentuk ikhtiyar batin dan sistempembelajaran khusus,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan inovasi yang diambil itu dari berbagai macam bidang ilmu pengetahuan yang sesuai dengan jurusannya atau yang ada. “Tetapi kebanyakan yang ikut olimpiade ini terkait bidang teknologi,” lanjutnya.

Pada intinya, mantan Ketua Umum PWNU Jatim ini melanjutkan, disamping menjadi lembaga pendidikan dan syiar agama, Pesantren Genggong juga tidak bisa dilepaskan dengan sejarah berdirinya bangsa Indonesia.

“Karena Mbah Sepuh KH. Moh Hasan (pengasuh kedua, Red.) dengan karisma dan pengaruhnya digunakan dengan baik. Yakni, saat dalam melawan penjajah untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” ucapnya saat ditemui Di masjid Hafsawaty Pesantren Genggong. (*)

 

 

Penulis: Moh Ahsan Faradies

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Kapolres Tegaskan Pawai Budaya Belum Izin

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …