‘Teror’ Ulat Jati Meluas, Kini Masuki Sekolah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Penyebaran hama ulat Jati di Kabupaten Probolinggo meluas. Jika sebelumnya, hama ini ‘meneror’ warga di Desa Sumberkare, Kecamatan Wonometo, saat ini ulat juga menyebar di Desa Kropak Kecamatan Bantaran. Bahkan ulat jati tak hanya masuk rumah, namun juga sekolah.

Salah satu sekolah yang dimasuki ulat adalah MTs Darul Hikmah Al-Islamy di Dusun Timbangan, Desa Kropak. Ulat menempel di dinding sekolah dan merayapi tanaman di halaman sekolah. Sebagiannya memasuki ruang kelas, menempel pada bangku dan sarana belajar lainnya.

Salah satu pelajar MTs Darul Hikmah Al-Islamy Shinta Bella (15) mengaku sangat terganggu dengan penyebaran binatang melata itu. Selain jijik, ia takut badannya terserang gatal-gatal jika lingkungan tempatnya belajar dipenuhi ulat.

“Sudah dua harian banyak ulat disini, jijik sekali. Setiap mau belajar, mesti bersihkan bangku dan kursi dari ulat,” gerutu Bella, Minggu (6/1/2019).

Penyebaran hama ulat jati kian meluas hingga ke rumah dan sekolah. (Foto : Rahmad Soleh).

Kepala  MTs Darul Hikmah, Ahmad Zubair mengakui jika keberadaan ulat berwarna hitam itu mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM) di lembaganya. Terutama saat proses KBM mau dimulai, ia dan siswa-siswinya harus membersihkan ulat terlebih dahulu.

“Ya mengganggu, hanya proses belajar mengajar tetap kami laksanakan. Bangku dan kursi di kelas dibersihkan dulu, teras dekolah juga disapu,” paparnya.

Selama proses KBM berlangsung pun, ulat kadang harus dibersihkan agar tak menjalar ke tempat lainnya. “Kami masih mencari cara sekiranya sekolah tak lagi dimasuki ulat. Hanya untungnya ini ulat jati, bukan ulat bulu,” tandas Zubair.

Diketahui, hama ulat jati pertama kali ditemui di Desa Sumberkare, Kecamatan Wonomerto, pekan lalu. Hama ini awalnya menggrogoti pohon jati hingga pucuk dan daun pohon rusak. Dari pohon jati, ulat ini menyebar ke pemukiman penduduk lalu menempel di dinding dan atap rumah warga. (*)

Baca Juga  Tuntut Kompensasi, Warga di Winongan Tutup Jalan

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat, sejak Januari hingga Mei 2024 …