Voucher Poli Psikiatri RSUD Habis, Warga Kelimpungan

PROBOLONGGO-PANTURA7.com, Habisnya voucher Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) di RSUD dr Moh. Saleh, Kota Probolinggo dikeluhkan masyarakat. Pasalnya warga yang hendak meminta surat kesehatan kejiwaan tidak bisa terlayani dan terpaksa bertolak ke rumah sakit di luar daerah.

Hal ini dialami Fira (20), warga Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Senin (15/10/2018), ia hendak meminta surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani sebagai syarat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Departemen Keuangan (Depkeu).

Untuk keterangan kesehatan jasmani tidak ada masalah karena bisa dilayani Poli Umum di RSUD milik Pemkot Probolinggo itu. Tetapi saat mengajukan surat pemeriksaan kesehatan jiwa di Poli Psikiatri (Kesehatan Jiwa), Fira mengaku, kaget.

“Saya sempat antre, namun saat meminta surat keterangan kesehatan jiwa, pihak poli rumah sakit menjelaskan kalau voucher habis. Sehingga saya disarankan ke rumah sakit di Malang atau di Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu Dirut RSUD dr Moh. Saleh, drg Roebijanti membenarkan, voucher untuk MMPI atau surat kesehatan jiwa telah habis. Habisnya voucher karena efek menjelang Pemilu 2019 di mana para caleg membutuhkan banyak voucher tersebut.

Ia menyampaikan kalau sbelumnya sudah membeli voucher sebanyak 500 pada tahun 2017 dengan anggaran Rp 2,5 juta. Perkiraannya voucher sebanyak 500 itu habis 2 tahun mendatang. Pertimbangannya, seorang pasien membutuhkan dua vocher yakni, saat tes online dan saat mengunduh hasil tes.

“Iya jadi voucher untuk surat sehat jiwa itu habis. Sehingga kami belum bisa melayani hal itu . Sementara kami menyarankan pada masyarakat untuk mengurus di luar kota,” ujarnya.

Namun RSUD di Jalan Pandjaitan itu tidak tinggal diam. Upayanya, berkoordinasi dengan pihak keuangan untuk kembali membeli voucher tambahan sebanyak 500. Hal ini agar masyarakat kembali bisa mengurus surat kesehatan jiwa di RSUD dr Moh. Saleh.

Baca Juga  Karir Moncer, Dua Srikandi NU Jatim ini Ternyata Sabahat Karib

“Kami akan kembali beli voucher. Insyaallah dalam waktu dekat bisa melayani kembali. Masyarakat perlu sabar sebentar karena kita beli voucher-nya di Jakarta,” ujar drg Roebijanti. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …