Tiga Sekolah di Probolinggo Sabet Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

JAKARTA-PANTURA7.com, Tiga sekolah di Kabupaten Probolinggo menorehkan prestasi membanggakan dalam program Adiwiyata tingkat nasional. SMP Bhakti Pertiwi Paiton meraih Adiwiyata Mandiri. Sementara SMPN 1 Pajarakan dan SMAN 1 Paiton meraih Adiwiyata Nasional tahun 2018.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2018 diterima oleh Kepala SMP Bhakti Pertiwi Paiton M. Disin Asmoyo, Kepala SMPN 1 Pajarakan Arif Syamsul Hadi dan Kepala SMAN 1 Paiton Ahmad Sudiarto di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia di Jakarta, Jum’at (21/12/2018).

Tahun ini KLHK RI menetapkan sebanyak 279 sekolah Adiwiyata Nasional dan 117 sekolah Adiwiyata Mandiri se-Indonesia. Program adiwiyata merupakan program andalan untuk mewujudkan warga sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

“Saya berharap program adiwiyata ini bukan cuma sebuah aktivitas biasa, tetapi lebih menekankan pada pembinaan untuk merealisasikan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya.

Menurut Siti Nurbaya, sekolah harus bangkit dalam kesadaran sekaligus lomba kesadaraan. Sekolah harus berpartisipasi serta peduli terhadap kebudayaan lingkungan hidup dan tetap memiliki prestasi akademik.

“Nanti bakal kami kembangkan bersama untuk mendorong program adiwiyata ini sebagai gerakan nasional,” tegasnya.

Sementara Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengaku bangga atas prestasi yang diraih ketiga sekolah itu. Rachmad berharap prestasi tersebut mampu memotivasi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan sekolah yang berbasis lingkungan.

“Alhamdulillah, prestasi Kabupaten Probolinggo bertambah dengan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional dari Kementerian LHK RI. Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi sekolah yang mendapat penghargaan ini,” tuturnya. (*)

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Curi Motor, 2 Remaja Tigasan Wetan Dimassa

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …