Jamin Keamanan Natal, Polisi Sterilisasi Gereja

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jelang perayaan Natal, Polresta Probolinggo mulai melakukan pengamanan sejumlah gereja. Salah satu yang menjadi prioritas pengamanan adalah Gereka Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel, terletak di jalan raya Suroyo.

Puluhan personil bersejata lengkap menyisir area gereja berkontruksi gothic itu. Tak hanya metal detector, dalam sterilisasi gereja polisi juga melibatkan K-9 atau anjing pelacak. Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, memimpin langsung pengamanan di tempat ibadah ini.

“Kami melakuan sterilisasi di sejumlah rumah ibadah dengan menggunakan bantuan anjing pelacak serta metal detector,” kata Alfian kepada wartawan, Sabtu (22/12/2018).

Alfian menyebutkan, sterilisasi dengan menggunakan anjing pelacak dan metal detector untuk mengetahui benda-benda yang dapat mengganggu umat kristiani yang akan beribadah. Dengan sterilisasi, pihaknya ingin memastikan bahwa kenyamanan dan keamanan jemaah selama merayakan Natal terjamin.

“Tentunya kami melakukan sterilisasi untuk meningkatkan kewaspadaan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, terutama di gereja merah yang menjadi simbol kota probolinggo,” tambah Alfian.

Tak hanya gereja merah, menurut Alfian, polisi juga melakukan sterilisasi di 16 gereja lain yang tersebar di wilayah hukumnya. Selain itu, Alfian menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan 135 pasukan untuk mengamankan jalannya Natal dan Tahun Baru 2019.

“Sterilisasi gereja dan peningkatan keamaman akan terus dilakukan, karena juga menjadi bagian dari hingga Operasi Lilin Semeru 2018. Operasi ini akan berlangsung hingga 12 hari kedepan,” tandas perwira asal Madura ini. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Jelang 'Malam Likuran', Pasar Tradisional Diserbu Pembeli

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …