Tol Paspro Ancam Eksistensi UKM

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) bak mata uang dengan dua sisi. Selain mempermudah transportasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi global, juga berdampak pada macetnya usaha mikro di tingkat lokal.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo memprediksi, usaha kecil menengah (UKM) di kota tersebut akan terkena imbas langsung Tol Pasrpo, yang rampung akhir tahun ini. Jika tak ada solusi, UKM terancam bangkrut.

“Ini merupakan hasil kajian kami tentang dampak pembangunan jalan tol di Probolinggo. Keberadaan pembangunan tol di wilayah Probolinggo memang mempermudah transportasi. Tapi juga akan berdampak pada sektor yang lain” terang Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Rey Suwigtyo, Minggu (4/11/2018)

Pejabat yang akrab dipanggil Tyo menambahkan, keberadaan tol Paspro membuat kendaraan pariwisata enggan singgah ke Kota Probolinggo. Kendaraan pariwisata dari arah Surabaya dan Jakarta, jika akan ke Banyuwangi dan Bali, tidak perlu lagi melalui Kota Probolinggo, begitu pun sebaliknya.

“Kendaraan dan penumpangnya langsung saja lewat tol, bus pariwisata tidak akan mampir ke toko oleh-oleh di Kota Probolinggo. Dengan kondisi itu, otomatis penjualan pedagang akan turun drastis,” papar Tyo.

Jika tidak diantisipasi, maka akan merugikan usaha di Kota Probolinggo. Contohnya adalah pusat oleh-oleh di Ketapang, yang tidak akan dilewati bus pariwisata maupun kendaraan-kendaraan dengab tujuan Banyuwangi-Bali atau sebaliknya.

“Sebaiknya, rest area di jalan Tol digunakan untuk usaha yang bersifat lokal seperti UKM. Kita akan kerja sama dengan Kabupaten Probolinggo untuk menempatkan produk hasil UKM Kota Probolinggo, jalur tol ini kan melewati Kota dan Kabupaten Probolinggo,” tandas dia. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Menjelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit Mulai Turun

Baca Juga

Kadisperta Pensiun, Kekosongan Jabatan Eselon II Pemkab Probolinggo Bertambah

Probolinggo,- Jumlah kekosongan pejabat eselon II di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali bertambah. Hal ini …