Gudang Perabotan Ponpes Ketapang Terbakar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kebakaran hebat melanda gudang perabotan di Pesantren Riyadlus Sholihin, KH Abdurrahman Wahid, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Senin (5/11/2018. Api meludeskan gudang di bagian belakang pesantren tetapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Berdasar pantauan PANTURA7.com, api bermula dari asap yang membumbung tinggi. Salah satu santri di pesantren tersebut Muhammad Taufik mengatakan, ia tak tahu pasti bagaimana gudang perabotan sekolah di kompleks pesantren itu terbakar. Ia mengaku, tiba-tiba mendapat kabar gudang terbakar.

“Tadi sekitar pukul 10.45 kira-kira api terlihat. Seketika itu baik santri maupun guru langsung berteriak-teriak kebakaran,” katanya.

Akhirnya tiga unit mobil pemadam kebarakan (damkar) diterjunkan untuk memadamkan api. Menurut Kapolsek Kademangan, Kompol M.Toyib Subur gudang yang terbakar berada di sisi timur pondok.

“Berdasar informasi gudang yang terbakar dalam keadaan terkunci, ada dua pintu dari sisi barat dan timur. Di dalamnya memang ada jaringan listrik. Namun penyebab kepastian api darimana kita masih dalami,” ucap Toyib.

Petugas Damkar dan warga berjibaku memadamkan api yang meludeskan seisi gudang. (rs)

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satpol PP termasuk Tagana dan yang lainnya untuk memadamkan api. “Gudang yang terbakar terbuat dari kayu dan triplek sehingga mudah terbakar. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat kebakaran,” ujarnya.

Gudang tersebut berhimpitan langsung dengan kapangan indoor futsal . Namun tempat futsal tersebut tidak sampai terbakar.

Sementara itu, salah satu pengurus ponpes Hafid Ahmad Salim mengatakan, di dalam gudang banyak perabotan sekolah seperti, meja dan kursi dari kayu. Termasuk mesin pencacah sampah, diesel, serta becak. Dikatakan gudang ludes terbakar karena terbuat dari kayu.

“Semua isi gudang ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa karena pintu terkunci . Namun kerugian materil diduga sekitar Rp 100 juta,” kata Hafid.

Baca Juga  Wisatawan Asal Kaltim Hilang di Air Terjun Guyangan

Kobakaran api sendiri, sempat dikuasai satu jam kemudian. Namun petugas damkar terus melakukan pembasahan untuk mengantisipasi titik api muncul kembali. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …