Kasus Berlanjut, PT SKI Dipolisikan Mantan Karyawati

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Polemik yang dipicu pemotongan gaji karyawan di PT Sumbertaman Keramika Industri (SKI) terus bergulir. Jumat (12/10/2018), 2 mantan karyawati melaporkan pabrik yang bergerak dalam bidang keramik itu ke Mapolresta Probolinggo.

Mantan karyawati yang menperkarakan PT SKI ialah Minati Damiswari (23), warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan dan Sri Wahyuni (25) asal Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok. Keduanya mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian (SPKT) Polresta Probolinggo sekitar pukul 10.30 WIB.

Kepada petugas, keduanya melaporkan PT SKI atas tuduhan dugaan sejumlah pelanggaran yang dilakukan perusahaannya saat mereka bekerja dulu. Keduanya juga membawa slip gaji sebagai bukti, untuk diserahkan kepada penyidik.

“Hari ini kami laporkan PT SKI kepada polisi atas ketidakwajaran soal kondite (pemotongan gaji karyawan, red) dan peruntukannya. Pasalnya sampai saat ini belum jelas larinya kemana,” Kata Minati.

Dengan pelaporan ini, lanjutnya, agar pihak PT SKI juga diperiksa soal sejumlah pelanggaran yang banyak dilakukan yangmerugikan karyawan. Ia pun berharap ada titik temu soal polemik potong gaji di PT SKI yang berlarut-larut.

“Semoga bisa selesai dijalur hukum ini, pihak kepolisian menindaklanjuti dan bila ada dugaan pelanggaran PT SKI bisa ditindak,” tukas Minati.

Laporan keduanya sementara diterima di Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polresta Probolinggo. Sementara pihak kepolisian masih akan mendalami laporan pelapor dan berencana melakukan gelar perkara pada Sabtu (13/10/2018) besok.

“Kami dalami dulu muatan laporannya. Namun untuk gelar perkara besok ya,” ucap Iptu Abdul Wakhid, Kanit Tipiter Satreskrim Polresta Probolinggo.

Seperti diketahui, kasus ini bermula saat keduanya mengadu kepada DPRD Kota Probolinggo, soal praktik pemotomgan gaji karyawan di PT SKI, pekan lalu. Buntutnya, DPRD menggelar rapat Dengan Pendapat (RDP) bersama sejumlah instasi terkait, termasuk pihak PT SKI. (*)

Baca Juga  Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Rumah Duka

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Nyaru jadi Jaksa, Guru Honorer Diringkus Polisi

Pasuruan,- Kejahatan berkedok profesi kembali terjadi. Kali ini, seorang oknum guru honorer di Surabaya berpura-pura …