Protes Penyaluran BLT DD, Warga Lurug Kantor Desa Sukokerto

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sebesar Rp. 600 ribu bagi warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Probolinggo kembali disoal. Kali ini, warga Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, yang melakukan protes distribusi bantuan sosial tersebut.

Aksi massa yang dilakukan puluhan warga itu terjadi pada Kamis (4/6/2020) pagi. Warga melurug kantor desa guna mempertanyakan sistem pendataan penerima BLT, yang dinilai sarat unsur nepotisme.

“Tujuannya kami kesini ingin mempertanyakan BLT DD, yang penyalurannya tidak tepat sasaran. Saya juga tidak tersentuh bantuan apapun, meskipun suami saya sakit paru-paru sejak enam bulanan ini,” kata salah satu warga, Sofiya (50).

Hal senada disampaikan Parlan (45). Menurutnya, banyak warga di desanya yang sangat membutuhkan bantuan namun justru tidak tersentuh sama sekali. Malah, klaimnya, sejumlah warga dengan ekonomi mapan justru kebagian bantuan.

“Ada yang sudah punya dua mobil dan ada juga dapat dobel bantuannya. Jelas-jelas mereka mampu, tapi masih saja dapat, maka dari itulah kami ramai-ramai ke kantor desa,” tandas Parlan.

Menanggapi hal itu, Pj Kades Sukokerto Mulyono menjelaskan, pihaknya sudah menerima semua aspirasi warga terkait BLT DD. Ia berjanji warga yang tidak tersentuh BLT DD, akan didata ulang agar bisa memperoleh bantuan lain.

“Disini penerima BLT DD sudah tidak bisa nambah. Kuota 167 KK (Kepala Keluarga, red) dari jumlah KK 1082 KK sudah maksimal,” papar Mulyono usai menemui warganya.

Soal aduan warga terkait KK mampu yang menerima BLT DD, Mulyono membenarkan. Namun kata dia, proses pendataan terhadap penerima, sudah dilakukan secara cermat dan melalui verifikasi faktual.

“Kenyataannya, mobil tersebut bukan milik penerima BLT DD, akan tetapi milik anaknya yang dikasi bapaknya dari perkawinan sebelumnya. Penerima BLT DD yang ini sudah nikah dua kali, rumahnya juga berbeda alias lain KK,” sanggahnya.

Baca Juga  KPU Terima Kekurangan Surat Suara

Aksi massa memprotes penyaluran BLT DD ini, cukup mencengangkan. Pasalnya, Desa Sukokerto sebelumnya ditetapkan sebagai salah satu dari 3 desa tangguh Covid-19. Predikat itu disematkan Pemkab Probolinggo karena Desa Sukokerto dinilai mampu menekan penyebaran Covid-19. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Puluhan Ribu Tiket KA Keberangkatan Daop 9 Jember Ludes

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember telah membuka pemesanan tiket untuk keberangkatan …