pekan literasi 2018

Pekan Ini, Ada Pekan Literasi 2018 di Dispersip

PROBOLINGGO-PANTURA7com, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar Pekan Literasi 2018, sejak 17 hingga 23 September 2018. Kegiatan yang bertema ‘September Literasi di Perpusda’ ini, untuk mengerek minat warga dalam membaca.

Pekan literasi 2018 ini bersifat terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. Selama seminggu banyak kegiatan yang digelar diantaranya ruang baca sastra, bedah buku, live performance, lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, ruang baca majalah dan lomba sketsa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Budi Purwanto menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran seumur hidup serta meningkatkan budaya gemar membaca masyarakat.

“Pekan literasi ini juga untuk menambah pengetahuan masyarakat dengan buku dan mempermudah masyarakat memperoleh buku yang murah dan bermutu, mengembangkan peran serta masyarakat di bidang perpustakaan dan mendekatkan buku kepada masyarakat,” kata Budi, Rabu (19/9/2018).

Melalui pekan literasi tahun 2018 ini, Budi berharap pengetahuan masyarakat Kabupaten Probolinggo semakin bertambah serta dapat memperoleh buku-buku baru dengan mudah tanpa harus keluar kota. “Jadi perpustakaan bisa dikenal lebih dekat,” papar dia.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Muhamad Happy menuturkan, pekan literasi 2018 dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan secara khusus meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

“Ini efektif untuk membangkitkan minat baca tulis masyarakat. Secara khusus, kegiatan ini bisa menumbuhkan kebiasaan membaca masyarakat sehingga membaca bisa menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari,” tandas mantan Camat Besuk ini.

Happy berharap pengembangan perpustakaan umum, perpustakaan sekolah dan jenis perpustakaan lainnya bisa dilaksanakan oleh pemerintah dan swasta. “Sehingga kampanye giat membaca tak hanya dalam rangka Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2018,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Begini Makna Hari Ibu Dimata Istri Walikota Probolinggo

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Bangun Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, Pemkab Lumajang Buka Pelatihan Kerja Gratis

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), membuka pelatihan kerja untuk meningkatkan …