Wajah Baru Dominasi Bawaslu Kabupaten Probolinggo

JAKARTA-PANTURA7.com, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) melantik Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Rabu (15/8/2018). Pelantikan digelar di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan, sekitar pukul 10.00 WIB. Kelima anggota Panwaslu Kabupaten Probolinggo yang dilantik adalah Zaini Gunawan, Fathul Qorib, Rifqohul Ibad, Ahmad Nasaruddin Lathif dan Yonki Hendriyanto.

Komposisi Bawaslu Kabupaten Probolinggo periode 2018-2023 ini didominasi oleh wajah baru. Tercatat ada tiga nama baru yang lolos seleksi akhir rekrutmen dari Tim Seleksi Bawaslu RI, sedangkan dua anggota lain merupakan pengurus lama.

Tiga pendatang baru itu masing-masing Rifqohul Ibad, Ahmad Nazaruddin Lathif dan Yonki Hendriyanto. Sedangkan anggota petahana, hanya Zaini Gunawan dan Fathul Qorib yang kembali menjadi pengawas pemilu.

Sedangkan satu anggota lain, Imam Afandi, gagal lolos seleksi tahap akhir berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Bawaslu RI, dua hari lalu. Perlu diketahui, kali ini Bawaslu Kabupaten Probolinggo berjumlah 5 orang, sedangkan sebelumnya hanya sebanyak 3 orang pasca transisi.

“Alhamdulillah, kami mendapat amanah kembali untuk mengawal pemilu di tahun 2019. Dengan jumlah anggota yang bertambah, mudah-mudahan kami lebih maksimal dalam mengawasi pelanggaran pemilu,” kata Fathul Qorib kepada PANTURA7.com.

Sementara Rifqohul Ibad mengaku bersyukur atas amanah baru yang ia sandang. Meski menjadi pendatang baru, namun Ebid, begitu ia dipanggil bertekad untuk menegakkan pemilu yang lebih bermartabat dan berintegritas sesuai dengan amanat UUD 1945.

“Ini adalah proses transisi dari Panwaslu menjadi Bawaslu. Dengan tugas dan wewenang yang baru, semoga kedepannya saya mampu menegakkan pemilu yang berintegritas dan independen,” janji Ebid. (*)

 

Penulis : Mohammad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Pilwali Pasuruan 2020; H+4, Gus Ipul-Mas Adi Raup 68,5% Suara

Baca Juga

Bangun Koalisi Gajah, 8 Partai Non Parlemen Merapat ke Gus Haris

Probolinggo,- Gelombang dukungan untuk dr. Muhammad Haris Damanhuri atau Gus Haris menjelang Pemilihan Kepala Daerah …