Cek Layanan Kependudukan, Rukmini Blusukan di Kelurahan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Mendekati masa akhir jabatan, Wali Kota Probolinggo Rukmini kian aktif memantau pelayanan di lingkungannya. Terbaru, Rukmini mengecek pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Wonoasih, Selasa (14/8/2018).

Ditemani Kepala Dispenduk Capil Tartib Goenawan, Kepala Diskominfo Aman Suryaman, Kepala Bagian Humas dan Protokol Mardi Prihartini beserta para Camat, Rukmini menemui operator pelayanan administrasi dan mengecek aplikasi data di komputer. Ia juga mencoba mencetak salah satu data penduduk setempat.

Pengecekan untuk memastikan bahwa layanan administrasi kependudukan selalu siap melayani masyarakat. Ia berharap layanan administrasi kependudukan bisa dilakukan di Kelurahan sehingga bisa dinikmati langsung oleh masyarakat setempat.

“Jadi masyarakat sudah tidak perlu lagi ke kantor Dispenduk Capil untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukannya,” kata Rukmini kepada wartawan

Disinggung soal wilayah selatan yang menjadi tujuan kunjungannya, ia menjelaskan bahwa wilayah selatan dengan jumlah masyarakat pedesaan paling banyak merupakan indikator utama kesuksesan layanan ini.

“Jika masyarakat disini sudah bisa melakukan layanan ini, maka kelurahan yang berada di daerah dekat kota juga pasti bisa, sehingga tidak perlu dimonitoring lagi,” bebernya.

Sementara Tartib Goenawan memaparkan bahwa pihaknya akan terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Saat ini, semua kelurahan di Kota Probolinggo sudah bisa melakukan dua layanan, yakni mengurus akta kelahiran dan akta kematian.

“Ini akan bertahap, targetnya semua layanan administasi kependudukan bisa dilakukan di kelurahan, sehingga masyarakat lebih mudah mengakses data kependudukannya,” tandas Tartib. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Tak Dapat Bansos, Warga Terdampak Covid-19 ‘Digerojok’ Sembako

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …