Ulat Grayak Serang Tanaman Bawang Merah di Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejak sepekan terakhir, para petani bawang merah di Dusun Mranggon Lawang, Desa Watuwungkuk, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo resah. Sebabnya, tanaman bawang merah diserang hama jenis ulat grayak sehingga petani merugi.

Pantauan PANTURA7.com,  serangan hama ulat membuat tanaman bawang merah menguning dan kering. Bahkan sejumlah petani, terpaksa mencabuti tanaman pelengkap bumbu masak itu agar hama tidak menyebar. Selain merusak daun, hama ulat berwarna hijau itu melubangi batang tanaman.

Salah satu petani bawang merah, Manen (32) menuturkan bahwa serangan hama ulat pada musim tanam kali ini tergolong parah. Terlebih lagi hama ulat tergolong kebal pestisida, sehingga walaupun tanaman sudah disemprot pembasmi hama, ulat tetap menempel.

“Sebenranya sudah sebulan hama ulat ini menyerang, namun yang parah seminggu terakhir ini mas. Selain daun, bawang merahnya rusak dan berlubang, kalau begini terus kita bisa gagal panen,” tukas Manen saat ditemui di sawahnya, Selasa (3/7/2018).

Hama ulat grayak merusak tanaman bawang merah petani di Desa Watuwungkuk, Kecamatan Dringu. (rs)

Solusi terakhir untuk antisipasi serbuan ulat ini, imbuh Manen, yakni dengan memasang jarit disepanjang tepian lahan. Hanya saja, cara ini membutuhkan biaya besar. Padahal anggaran petani sudah habis untuk modal beli bibit, proses tanam hingga biaya pestisida.

“Pakai jarit biayanya mahal, bisa sampai Rp 50 juta per hektar lahan mas. Kami tak mampu dengan harga segitu, uang kami sudah habis buat biaya tanam,” tutur Manen menegaskan.

Ia pun berharap, Pemerintah Daerah (Pemkab) Probolinggo turun tangan untuk mengatasi hama ulat ini. Pasalnya, jelas Manen, keresahan tak ia rasakan sendiri melainkan oleh mayoritas petani bawang merah. “Semua petani bawang merah menderita mas,” tutup dia. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga  Darurat Covid-19, Posko Wartawan Sidoarjo Disemprot Desinfektan

Baca Juga

Harga Daging Ayam di Lumajang Meroket, Capai Rp40 Ribu/Kg

Lumajang,- Harga daging ayam di Kabupaten Lumajang, terpantau mengalami kenaikan signifikan. Bahkan harganya jadi yang …