Gelar Hearing, Dewan Minta Kemenag dan Dikpora Serius Atasi Deradikalisi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Probolinggo, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau yang lazim dikenal Hearing, pasca penangkapan terduga teroris di wilayah setempat.

Hearing dilakukan sebagai upaya deradikalisasi terhadap para keluarga terduga teroris. Pihak dewan meminta penjelasan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, atas upaya pemulihan sekaligus deradikalisasi di semua stake holder khususnya lingkungan pendidikan.

“Kiranya dinas pendidikan melakukan upaya, karena tempat terduga ditangkap terdapat lembaga pendidikan. dan jika dibiarkan, disinyalir bisa menciptakan bibit radikalisme” ujar Abdul Azis, Ketua Komisi I setempat, Selasa 29/5/2018).

Atas hal itu, Kepala Dikpora Mochammad Maskur menyampaikan, jika sudah melakukan upaya sesuai instruksi walikota, yakni memfasilitasi lembaga pendidikan yang dimaksud, hanya saja ditolak.

“Kita siap membantu lembaganya dari segi ijinnya, hanya saja mereka menolak,” tukas Maskur.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Probolinggo, Mufi Imron Rosadi mengaku pihaknya kesulitan dalam upaya stresilisasi khotib, dan penyuluh dakwah di tempat ibadah yang diduga menyebarkan ajaran radikalisasi itu.

“Kami kesulitan karena data yang dimiliki kurang detail, sehingga kami akan lebih mendalami dulu upaya ini,” jelas Mufi.

Lanjut Mufi, lembaga pendidikan bernama Khotimun Ummah di Perumahan Sumber Taman Indah, Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, tempat terduga teroris, sudah 6 tahun berjalan. Namun demikian, disamping tak memiliki ijin, kondisinya juga tak layak serta dikhawatirkan menimbulkan bibit radikalisme.

Sebagai informasi, Hearing oleh Komisi 1 kali ini, dihadiri Kemenag, Dikpora, Dewan Pendidikan dan Polres Probolinggo Kota. (*)

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Zulkifly

Baca Juga  Hantam Truk, Pemotor di Curahsawo Gending Tewas

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …