Wow.. Ada Kampung Bunga di Kebun Teh Tiris

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Eksotika kebun teh yang terletak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, ternyata juga menyimpan keindahan alam lainnya. Keindahan itu tak lain adalah warna warni Kampung Bunga, hunian warga setempat.

Ya, berdampingan dengan hamparan kebun teh seluas 183,49 hektar itu, terdapat sebuah perkampungan warga, dimana masing-masing halaman depan rumahnya, terdapat beragam jenis bunga yang sengaja ditanam dan dipelihara. Mulai dari bunga Matahari, Mawar dan jenis lainnya.

Warga sekitar pun menyebutnya, dengan julukan kampung bunga. Selain membuat suasana kebun teh semakin asri dan indah, kampung ini kerap menjadi jujugan wisatawan untuk berfoto selfie maupun sebagai wisata edukasi.

Salah seorang warga kampung bunga, Yayuk (32) kepada PANTURA7.com mengatakan, kampung bunga tersebut sudah ada sejak tahun 2010 lalu. Kini kepala keluarga (KK) yang rumahnya dilengkapi taman bunga mencapai 150 KK dengan aneka bunga.

Kampung Bunga di kawasan kebun teh Tiris, Kabupaten Probolinggo. (rs).

“Tiap tahun di kampung bunga ada penilaian mas, baik dari Pemkab maupun pabrik perkebunan. Jadi selain membuat halaman rumah indah, penilaian itu membuat semangat kami bertambah dalam menghias rumah dengan bunga,” ujar Yayuk, Senin (16/4/2018).

Sementara itu, salah satu wisatawan Yulis Widya Ningrum menyampaikan, dirinya sangat senang dengan adanya kampung bunga. Sebab selain terlihat indah, suasana kebun teh semakin nampak asri dan lebih elok dipandang mata.

“Sangat indah, ini satu-satunya kampung bunga yang kami temui di Kabupaten Probolinggo, jernih dipandang mata. Harapannya, kampung ini semakin berkembang untuk meningkatkan keindahan kawasan kebun teh. Harapan lain, sarana dan fasilitas umum disini juga dilengkapi,” tegas Yulis. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Achmad Zulkifky

Baca Juga  Pemkab Probolinggo Bakal Poles Sumur Unik di Sumberbulu Jadi Destinasi Wisata Andalan

Baca Juga

Rawat Kelestarian Alam, Pj Bupati Lumajang Kampanyekan Tandur Bareng

Lumajang,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hartutik, bersama Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan tandur …