Himbauan Keselamatan Diabaikan, Otoritas Pelabuhan Razia Perairan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo gelar razia perairan, Rabu (25/1/2018). Razia dilakukan seiring abainya kesadaran penumpang dan ABK kapal penyeberangan di kawasan tersebut, meski cuaca tengah ekstrem.

Menggunakan Speed Boat, sasaran utama razia adalah kapal penyeberangan, utamanya kapal komersil dari pelabuhan ke Pulau Gili Ketapang. Hasilnya, petugas menemukan banyak penumpang dan anak buah kapal (ABK) yang tidak menggunakan life jacket atau pelampung keselamatan.

“Dalam jarak dua mil dari bibir pantai, kami banyak warga dan ABK yang mengabaikan keselamatan moda transportasi laut. Ini menandakan minimnya kesadaran untuk menjaga keselamatan diantara para penumpang maupun ABK,” papar Kru Speed Boat Sea Rider, Dian Purbandana kepada wartawan.

Meski banyak pelanggaran, namun petugas tidak menjatuhkan sanksi melainkan sebatas peringatan dan sosialisasi keselamatan. Tetapi jika pasca ini petugas masih menemukan pelanggaran serupa, petugas bersama Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) bakal menindak, dengan menyuruh balik kapal tersebut.

“Tidak kita sankis, peringatan saja. perlu diketahui bahwa di kawasan ini terdapat 40 kapal penyeberangan yang beroperasi setiap harinya. Setiap tahun, kapal – kapal itu mendapat bantuan life jacket dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, sebanyak 25 unit life jacket per kapal,” imbuh Dian.

Razia serupa, lanjut Dian, akan terus dilakukan untuk menyadarkan masyarakat pengguna moda trasportasi laut. Sebab, selain melayani penyeberangan warga lokal, banyak wisatawan yang datang ke pelabuhan dan Pulau Gili untuk berwisata. “Jadi aspek keselamatan penting diperhatikan,” tutupnya. (guf/arf).

Baca Juga  Cegah Ranitidine, Apotek dan Rumah Sakit Disidak

Baca Juga

Dampak El Nino, Cuaca Siang Masih Terik meski Turun Hujan

Probolinggo,- Meski saat ini Kota Probolinggo sudah masuk musim penghujan, namun suhu masih terasa terik …