Puting Beliung Hantam Pemukiman di Kota Probolinggo, Rumah Warga Porak-poranda

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Puting beliung menerjang kawasan pemukiman warga di Blok Kaplingan, Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Rabu (24/1/2018) petang. Akibatnya, sejumlah atap hingga dapur rumah warga porak-poranda.

Salah satu warga terdampak, Sahardi (45) mengatakan, angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Awalnya warga tak begitu panik meski hujan deras mengguyur kawasan itu. Namun ketenangan warga mulai terusik saat pusaran angin disertai bunyi deru menggemuruh menggelayuti pemukiman padat penduduk itu.

“Saat kejadian saya sangat panik mas, melihat angin yang kencang serta bersamaan dengan hujan deras itu hingga mengangkat atap kenopi depan rumah saya,” papar Sahardi saat ditanyai wartawan.

Kejadian angin puting beliung itu, jelas Sahardi, terjadi tidak lama hanya sekitar 15 detik. Namun mampu mengangkat atap rumah warga termasuk atap kenopi rumahnya. Setelah puting beliung berlalu, Sahardi mencari atap kenopi yang terbawa angin tersebut.

“Kenopi saya temukan di area persawahan yang terletak dibelakang rumah. Tetapi kondisinya sudah hancur dan rusak parah. Namun tetap saya ambil mas, mudah-mudahan masih bisa digunakanmeski kondisinya sudah penyok,” imbuh Sahardi.

Sementara Samito (56), warga pemilik dapur dan kandang ternak yang rusak akibat kejadian itu, mengaku bahwa kejadian itu juga menyebabkan asbes rumah ikut tersapu angin. Untungnya, angin puting beliung tidak meyebabkan kandang ternaknya ambruk.

“Kejadiannya tidak lama mas. Kalau anginnya terjadi lama maka kerusakan akan cukup parah. Untung gak ada korban, hanya kami masih kaget dan meningkatkan kewaspadaan mas,” tutur Samito. (guf/arf).

Baca Juga  Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Baca Juga

Pusat Oleh-oleh Kaboki di Pasuruan Terbakar, Satpam Ditangkap Polisi

Pasuruan,- Pusat oleh-oleh atau pabrik tas rajut Kaboki di Desa Lecari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, …