Foto Al-maghfurlah KH. Abd. Hamid bin Abdullah Umar Pasuruan semasa hidup. (dok)

Besok, Haul Ke-36 Kiai Hamid Pasuruan Digelar

PASURUAN-PANTURA7.com, Warga Kota Pasuruan dan sekitarnya, akan menggelar haul kiai karismatik, Al-maghfurlah KH. Abd. Hamid bin Abdullah Umar, pada Selasa (28/11/2017) atau 9 Robi’ul Awal 1439 H besok.  Pelaksanaan haul ke 36 itu, dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Salafiyah Jl. KH. Abd. Hamid VIII/14 Kota Pasuruan.

KH. M. Idris Hamid, putra terakhir Kiai Hamid kepada sejumlah wartawan mengatakan, haul ini merupakan milik masyarakat. Selain melibatkan dan dihadiri oleh masyarakat dari penjuru daerah, juga banyak warga yang tak segan untuk memberikan bantuan bagi kepetingan acara haul.

“Gak tau kenapa masyarakat merasa enteng (ringan) membantu acara ini. Makanya, saya bilang acara ini milik masyarakat,” terang Kiai yang biasa disapa Gus Idris ini di kediamannya, Jl. KH. Abd. Hamid VIII/14 Kota Pasuruan, Senin (27/11/17).

Keluarga besar, kata Gus Idris hanya memfasilitasi, membina dan mengatur acara haul agar berlangsung khusyu’ dan tertib. “Supaya acara haul berjalan lancar,” tambah Gus Idris.

Haul Al Maghfurlah Kiai Hamid setiap tahun selalu menyedot animo jamaah. Mereka tidak hanya berasal dari daerah Pasuruan dan sekitarnya, namun juga dari pelosok negeri, seperti Pulau Madura, Sulawesi hingga Sumatera. Bahkan acara tahunan ini dianggap sebagai tradisi kearifan lokal yang patut dilestarikan.

“Ini tradisi tahunan, maka sebagai antisipasi, mulai sebelum, hari H sampai dengan pasca haul telah kami upayakan pengamanannya. Sebanyak 918 personel keamanan dari seluruh unsur kita libatkan,” papar Kapolresta Pasuruan, AKBP Rizal Matomo.

Haul diperkirakan akan dihadiri oleh ratusan ribu jamaah dari segala kelompok usia.Sejumlah tokoh nasional, meliputi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Walikota Pasuruan hingga pejabat daerah dijadwalkan hadir dalam acaa haul. (ata/arf).

Baca Juga  Dorong Santri Berwirausaha, Pesantren ini Galakkan Santripreuneur

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …