Pecinta kuliner tengah menikmati menu gurami bakar saus madu di RM Selera, Gending Probolinggo, Sabtu (25/11/2017).

Gurihnya Ikan Bakar Gurami Madu Khas Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Anda pecinta kuliner? Atau kebetulan sedang melintas di jalur pantura Probolinggo? Tak lengkap rasanya perjalanan anda jika tak mencicipi menu gurami bakar saus madu, menu andalan rumah makan (RM) Selera, yang berlokasi di jalan raya Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Sajian kuliner khas ini, merupakan menu hayati karena mengkombinasikan gurihnya ikan bakar segar dengan olesan madu produksi peternak lebah lokal. Selain menggairahka selera makan, tentu sangat pas untuk menghangatkan tubuh saat musim penghujan.

Ikan gurami seberat 500 gram ditaburi bumbu rempah lalu dibakar selama beberapa menit. Agar bumbu meresap, sebelum dibakar, daging ikan dibelah dan direndam selama beberapa jam dalam bumbu rempah dan air beras sehingga bau tanah khas ikannya hilang.

Sementara, saat dibakar, ikan gurami diolesi saus madu hingga meresap. Ini yang menjadi ciri khas tempat ini, di mana saus madu yang mengandung sari bunga tanaman alami Probolinggo, bercampur dengan gurihnya ikan bakar segar.

“Kita manfaatkan hasil produksi daerah untuk diberdayakan, dalam bentuk kombinasi ikan dan madu ini. Menu ini merupakan inovasi kita, selain aroma dan rasanya yang khas, juga sangat baik untuk menjaga stamina,” tutur Head Chef RM Selera, Ahmad yani kepada PANTURA7.com, Sabtu (25/11/2017).

Menu gurami saus madu yang disajikan RM Selera, Gending Probolinggo

Menurut Rudianto (61), pemilik RM Selera, Ia dan istrinya Moudy (51) sengaja menyajikan menu yang berbeda agar pecinta kuliner maupun warga yang melintasi jalur pantura arah Banyuwangi – Surabaya mempunyai pilihan menu yang berbeda  dalam menikmati ikan gurami.

“Saya sudah survey ke berbagai rumah makan, menu ikan guraminya ya itu itu aja. Makanya kami mencoba menyuguhkan menu baru, yang Probolinggo banget mas. Selain gurami bakar saus madu, juga ada cumi bakar saus madu, udang bakar saus madu dan aneka olahan menu madu lainnya,” tandas pria yang juga seniman ini.

Baca Juga  Dewan Desak Pabrik Kemasan Plastik di Pandaan Swab Massal Karyawan
Menu udang bakar saus madu yang disajikan RM Selera, Gending Probolinggo.

Menu baru ini, kata Rudi, nyatanya mampu memikat selera warga untuk mencicipinya. Sejak dibuka pada 15 September 2017  lalu, setiap hari ada saja warga yang memesan menu ini. “Selalu ada yang pesan tiap harinya mas. Untuk harga, gurami bakar saus madu sebesar Rp. 35 ribu per porsi, yang udang dan cumi saus madu, harganya sama Rp 25 ribu per porsi,” terangnya.

Linda Pratiwi (21) salah satu penikmat gurami saus madu mengaku, menikmati gurami madu di rumah makan tersebut merupakan pengalaman pertama baginya. Meski awalnya ragu, namun perempuan berhijab ini akhirnya memberanikan diri mencicipi, karena merasa penasaran.

“Awalnya gak yakin, masak iya gurami bakar enak dicampuri madu. Setelah saya cicipi, ternyata lezat rasanya, selain gurih dan aromanya khas juga terasa hangat dibadan. Makannya bisa tambah lahap jika minumnya jahe madu,” papar perempuan asal Dringu ini. (din/arf).

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …