Paparan salju terlihat di kawasan wisata Gunung Bromo, Senin (24/7/2017)

Fenomena Baru, Paparan Salju Terjadi di Kawasan Wisata Gunung Bromo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Fenomena baru berupa paparan salju terjadi di kawasan wisata Gunung Bromo sejak sepekan terakhir. Bulir-bulir salju ini bermunculan diduga kuat akibat cuaca ekstrem di wisata alam berketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut (MPDL) itu.

 

Ahmad Subhan, kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Alam (PVMBG) pos Gunung Bromo, mengatakan saat ini suhu sekitar pos di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, terpantau 4° Celsius pada pukul 5.00 Wib. Sedangkan pada dinihari, kondisinya mendekati Nol° Celsius.

 

Pria asal Kabupaten Banyuwangi ini menambahkan, bahwa kondisi suhu di sekitar pos PVMBG biasanya lebih tinggi dari suhu di lautan pasir. Dalam pantauannya, suhu lautan pasir biasanya 4° Celsius lebih dingin.

 

“Dalam seminggu ini suhu semakin turun, yang menandakan bahwa kawasan bromo mulai masuk musim kemarau. Kalau air atau embun sampai menjadi es, berarti suhunya bisa nol derajat atau dibawahnya,” jelasnya Senin, (24/7/2017).

 

Subhan menyarankan kepada pengunjung Bromo untuk menyiapkan perlengkapan ekstra saat berkunjung. Diantaranya berupa jaket, sarung tangan, kerpus dan lain sebagainya. “Yang paling utama itu adalah badan harus fit saat naik kesini,” pungkasnya.

 

Sementara Nur Cahyo, salah satu pemandu wisata menyebutkan, fenomena salju bromo bisa dinikmati wisatawan disekitar lautan pasir. Salju yang merupakan hasil pembekuan embun, terlihat jelas pada kubangan pasir.

 

“Tadi waktu mengantar dua tamu dari swiss, saya sempatkan mengabadikan gambar salju ini. Sangat jelas ada gumpalan salju-salju di pasir. Padahal waktu saya ambil gambar itu sudah pukul 6.30 Wib dan mulai mencair,” cerita Nur Cahyo. (em/ela).

Baca Juga  Dipicu Sisa Api Tungku, Rumah Warga Mangunharjo Terbakar

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …