Ratusan anak-anak gelar donalan tengger di Puncak Seruni Poin Ngadisar Sukapura, Minggu (23/7/17)

Anak-Anak Lereng Bromo Lestarikan Permainan Tradisional Dengan Dolanan Tengger

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Masih ingatkah Anda dengan mainan anak loncat tali, congklak atau bola bekel??  Ya jenis mainan tradisional ini sudah menghilang tergerus zaman, berganti jenis mainan modern seperti gadged, playstation, dan mainan termutakhir lainnya.

 

Namun saat peringatan hari anak nasional 23 Juli, anak-anak suku Tengger di lereng Gunung Bromo Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, kembali memainkannya, yang diselingi dengan lomba menari dan mewarnai, di Puncak Seruni Poin Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Minggu (23/07/2017).

 

“Saya senang, sebelumnya tidak pernah main kayak gini. Susah juga, tapi asyik bisa kumpul sama teman-teman” tukas Antoni, salah satu anak Suku Tengger usai turun dari panggung arena permaianan kepada PANTURA7.com

 

Sementara Sinta, orang tua salah satu anak suku tengger mengamini jika permainan ini sudah jarang ditemui di kampungnya. Mayoritas anak tengger saat ini lebih gemar bermain gadget dan permainan modern daripada berkumpul dengan temannya, sembari bermain tali loncat atau congklak.

 

“Permainan tradisional sebenarnya lebih bagus, lebih hemat dan anak – anak dapat berkumpul sama teman kampungnya. Waktu kecilku yang main ini mas, tapi bagi anak-anak sekarang sudah ga laku” terang ibu muda ini.

 

Terdapat sedikitnya 250 anak se-Kecamatan Sukapura ambil bagian dalam festival permaian anak yang disebut donalan tengger ini. Permainan tradisional tidak bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan motorik anak, namun juga membantu pelestarian adat dan budaya.

 

“Sengaja dalam perayaan Hari Nasional Anak, kami gelar dolanan tengger, lomba tari dan mewarnai. Harapannya dengan metode bermain seperti ini, perkembangan anak lebih baik disamping melestariakn budaya” cetus Yulius Christian di lokasi. (zul/ela).

 

Baca Juga  Kebakaran Hutan Bantengan Lumajang Belum Padam, Medan Sulit jadi Kendala

Baca Juga

Berharap Kemakmuran, Warga Tengger Bromo Gelar Ritual Unan-unan

Probolinggo,- Warga Suku Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/4/2024) siang, gelar ritual Unan-unan. …