Suasana upacara HUT Bayangkara di lautan pasir Gunung Bromo yang digelar oleh Polres Probolinggo, Senin (10/7/17)

Unik, Kala Kemeriahan Upacara HUT Bhayangkara Bersanding Dengan Eksotika Alam Bromo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Upacara unik digelar Kepolisan Resor Probolinggo Jawa Timur, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 71 tahun ini. Bukannya di halaman mapolres setempat, upacara hari lahir Polri itu justru diselenggarakan di Lautan Pasir Bromo, Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Senin (10/7/17) pagi.

 

Berlatar Gunung Bromo, Gunung Batok dan hamparan pasir diatas lahan berketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut, upacara ini menyuguhkan nuansa berbeda dibandingkan lapangan terbuka lainnya.

 

Selain lebih khidmat, juga membutuhkan kekuatan fisik lebih karena hamparan pasir yang dilalui peserta hampir mencapai lima senti meter. Keunikan lain, upacara ini tidak hanya diikuti ratusan anggota Polres dan jajaran serta TNBTS, namun juga oleh puluhan pasukan berkuda, dukun pandita, dan tokoh adat Suku Tengger.

 

Kapolres Probolinggo, AKBP. Arman Asmara Syarifuddin usai memimpin upacara mengatakan, upacara bayangkara ini merupakan kali pertama dilakukan di Kaldera Bromo. “Upacara ini pertama kali dilakukan polri di Bromo. Selain rangkaian hari bayangkara, juga untuk menjaga kebhinnekaan di kawasan wisata ini” tutur perwira asal Sulawesi Selatan kepada PANTURA7.com.

 

Kapolres menambahkan, berbagai elemen yang ikut upacara menjadi representasi ragam budaya, agama dan golongan di kawasan tengger, “Semoga kebhinnekaan yang kita bangun dapat memberikan warga tengger kenyamanan, serta meningkatkan toleransi satu sama lain.” tutup Arman. (guf/ela).

 

Baca Juga  Kena Hadang Polisi, Penjualan Mercon Gagal

Baca Juga

Dituduh Jual Kayu, Paman Dibantu Anak Aniaya Ponakan Hingga Sekarat

Probolinggo,- Dituduh menjual kayu, bapak dan anak di Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, pada …