Kondisi Membaik, Bayi Kembar Siam Asal Lumbang Dipulangkan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pasca sebulan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas kabupaten Probolinggo, Bayi kembar siam asal Lumbang akhirnya dipulangkan, Jum’at (11/05/2018).

Bayi putri pasangan suami istri ST (26) dan SR (26) itu dipulangkan setelah kondisinya dianggap membaik. Oleh orang tuanya, bayi kembar itu diberi nama Asmaul dan Husna.

Kepulangan Asmaul dan Husna diantar dengan menggunakan mobil ambulan, dengan pengawalan petugas medis rumah sakit setempat. Selama proses pemulangan, kedua bayi itu terlihat sehat, bahkan tanpa tangis hingga tiba di rumah kedua orang tuanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Tongas, Muhammad Asjroel mengatakan, bayi Asmaul dan Husna dipulangkan karena kondisi keduanya sudah stabil. Namun, pihaknya akan tetap mengontrol kondisi bayi, meskipun sudah diluar rumah sakit.

“Asmaul dan Husna nantinya juga akan diberi bantuan nutrisi. Bantuan ini juga berasal dari beberapa organisasi,” ujar Asjroel kepada wartawan.

Senada, dokter spesialis anak, dr. Fonny menjelaskan, jika kondisi bayi sangat stabil dan geraknya juga aktif. Pihaknya juga akan tetap mengontrol kondisi bayi, dengan cara dibuatkan jadwal secara berkelanjutan.

“Pasti nanti kita kontrol, meski sudah tidak dirawat di rumah sakit, biar perawatannya berkelanjutan,” papar dr. Fonny.

Sebagai informasi, bayi kembar siam yang lahir pada 18 April lalu itu, terlahir dengan kondisi ‘Conjoined Twin Dichepalic Parapagus’ atau dempet perut dan dada dengan sepasang kaki. Keduanya tak bisa dioperasi karena saluran jantung saling bergantungan. (*)

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Kifly

Baca Juga  Pohon Tumbang di Jalan Tjokroaminoto ‘Nyantol’ Kabel

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …