TERENDAM: Banjir menggenangi pemukiman warga Desa Kedunggaleng, Kec. Dringu, Kab. Probolinggo, beberapa waktu lalu. (foto: Hafiz Rozani).

Hadapi Bencanaa, BPBD Siapkan Destana

Probolinggo – Memasuki musim penghujan, sejumlah wilayah di Kabupaten Probolinggo rawan terjadi bencana. Untuk menanggulangi bencana, BPBD telah menyiapkan Desa Tangguh Bencana (Destana).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga mengatakan, memasuki musim penghujan, BPBD Kabupaten Probolinggo telah melakukan persiapkan antisipasi potensi bencana yang terjadi.

Salah satunya menyiapkan dan mengecek seluruh peralatan penyelamatan yang terkait evakuasi. Selain itu BPBD juga telah melakukan himbauan ke seluruh masyarakat melalui instansi terkait agar selalu membersihkan lingkungan.

“Kami juga telah menyiapkan Destana agar dapat mengatasi secara dini jika terjadi bencana di wilayah, dan dapat mengantisipasi terjadi bencana, sembari menunggu BPBD perjalanan perjalanan ke lokasi bencana,” ujarnya.

Sementara, terkait prediksi terjadinya banjir kiriman di kecamatan dringu seperti yang terjadi tahun lalu, Sugeng menuturkan Dinas PUPR, sejak beberapa waktu yang lalu telah melakukukan pemantauan di sejumlah aliran sungai.

Selain itu, antisipasi lainnya yakni di setiap dam aliran sungai yang mengarah ke sungai kedunggaleng sudah di pantau dengan menempatkan petugas, sehingga jika air sungai mulai tinggi, maka antisipasinya yakni memberikan peringatan dini kepada warga di sepanjang aliran sungai.

“Selain banjir di wilayah Tongas dan Dringu, di musim penghujan kami tetap mewaspadai sejumlah bencana di wilayah langganan bencana, seperti longsor di daerah lereng gunung salah satunya kecamatan Lumbang, serta banjir rob di wilayah pesisir,” imbuh Sugeng.(*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Albafillah

 

 

 

Baca Juga  12 Adegan, Rekonstruksi Cucu Aniaya Nenek di Legundi

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …